kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PLTMH Pusaka I dan II Mulai Konstruksi Desember


Senin, 29 Juli 2013 / 07:30 WIB
ILUSTRASI. Tribunnews/Herudin


Reporter: Muhammad Yazid | Editor: Amailia Putri

JAKARTA. PT Medco Power Indonesia terus menggenjot proyek pembangunan pembangkit listrik tenaga mini hydro (PLTMH). Anak usaha PT Saratoga Tower tersebut akan mulai melakukan konstruksi pembangkit listrik tenaga mini hydro (PLTMH) Pusaka I dan Pusaka II di Cianjur, Jawa Barat, akhir tahun ini.

Fazil A Elfitri, Presiden Direktur Medco Power Indonesia mengatakan, seluruh persiapan pembangunan telah terpenuhinya. Termasuk urusan perizinan dan pembebasan lahan. "Kami akan segera menetapkan kontraktor pelaksana proyek pembangunan pembangkit itu," kata dia ke KONTAN, akhir pekan lalu.

Total kapasitas setrum yang akan diperoleh Medco Power dari pembangunan PLTMH Pusaka I dan Pusaka II mencapai 11 megawatt (MW). Adapun investasi yang disiapkan perusahaan tersebut mencapai Rp 250 miliar. Menurut Fazil, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar perjanjian jual beli listrik dengan PT Perusahaan Listrik Negara (PLN).

Ia menargetkan, pembangunan PLTMH Pusaka I dan Pusaka II akan selesai dalam jangka waktu satu setengah tahun. Beruntung, Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) akhirnya merestui aksi akuisisi Medco Power terhadap PT Pembangkitan Pusaka Parahiangan. Perusahaan ini yang memiliki proyek PLTMH Pusaka I dan Pusaka II.

Dalam keputusannya, KPPU menetapkan pengambilalihan saham yang dilakukan pada awal tahun 2013 ini tidak memiliki indikasi monopoli ataupun persaingan usaha tidak sehat. "Setelah aksi akuisisi ini kami selesaikan, kami berinisiatif untuk mengecek kelegalannya ke KPPU sekaligus meminta arahan," kata Fazi.

Hingga 2016 mendatang, Medco Power berencana mengembangkan PLTMH, yang tersebar di 17 lokasi di Indonesia. Tahun ini, perusahaan juga tengah melangsungkan pembangunan PLTMH Cibalapulang di Cianjur yang memiliki kapasitas 9 MW.

Selain di Jawa Barat, pihaknya juga akan menggelar pengembangan PLTMH Rongkong dan PLTMH Baliase. Kedua proyek itu berlokasi di Sulawesi Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×