kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45841,56   3,02   0.36%
  • EMAS943.000 -0,53%
  • RD.SAHAM -0.25%
  • RD.CAMPURAN 0.16%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

Polemik impor emas dalam jumlah besar, begini kata akademisi


Jumat, 18 Juni 2021 / 11:50 WIB
Polemik impor emas dalam jumlah besar, begini kata akademisi
ILUSTRASI. A security guard places several one kilo gold bars inside a secured vault in Dubai April 20, 2006.

Reporter: Ahmad Febrian | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA.  Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan sudah angkat bicara terkait dugaan penggelapan bermodus impor emas. Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga, Syarif Hidayat mengatakan, sistem pengklasifikasian bea masuk emas sudah sesuai dengan prosedur yang ada. 

Diketahui harmonice system code atau HS dengan kode 7108.12.10 untuk emas bongkahan atau ingot yang akan diolah kembali dikenakan tarif bea masuk 0%.  “Pengklasifikasian  Bea Cukai sudah sesuai dengan prosedur yang berlaku. Importir melakukan pengajuan Pemberitahuan Impor Barang dengan klasifikasi pada HS 7108.12.10,” kata Syarif, dalam keterangan tertulis ke Kompas.com Senin (14/6) malam, mengutip Kontan.co.id Selasa (14/6) ). 

Sementara Deni Ferdian, Dosen Metalurgi Universitas Indonesia sepakat dengan Ditjen Bea Cukai. “Impor casting  atau impor raw material yaitu berupa bahan baku untuk Antam. Berarti itu bahan baku emas,” kata Deni, dalam keterangan tertulis, Jumat (18/6). .

Menurut Deni, impor casting bar  lebih murah, dan emas dalam bentuk batang tuangan. Oleh industri  akan diolah menjadi produk jadi melalui pabrik pengolahan dan pemurnian “Impor casting bar dalam bentuk cetak biasaya satu kg guna memudahkan transportasi logistik,” lanjutnya.

Namun, jika masyarakat mencari investasi yang dilihat dari keindahannya, cast bar bukan pilihan. Karena desain tidak rumit dan seadanya.  Berbeda dengan proses minted bar, memiliki detail rumit, sulit dipalsukan dan memiliki desain yang indah. 


Minted bar ini  kerap kitalihat di butik-butik Antam. Disertai embos atau logo Antam sebagai tambahan. Minted bar ini tersedia dalam beberapa ukuran yakni 0,5 gram, 5 gram, 10 gram dan seterusnya.

Menurut Deni impor emas Antam itu sebagai bahan baku produk logam mulia. Kemudian dilebur dan diolah kembali menjadi produk hilir emas di pabrik pengolahan dan pemurnian yang dikelola Unit Bisnis Pengolahan dan Pemurnian (UBPP) Logam Mulia.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
MiniMBA on Problem Solving using world class consultants approach Sukses Memimpin: Kunci Kepemimpinan Asertif Batch 2

[X]
×