kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ponsel 4G siap banjiri pasar dalam negeri


Sabtu, 17 Januari 2015 / 10:33 WIB
Ponsel 4G siap banjiri pasar dalam negeri
ILUSTRASI. Ucapan Hari Kanker Paru Sedunia.


Reporter: Febrina Ratna Iskana, Merlinda Riska | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Harapan konsumen telekomunikasi menikmati jaringan supercepat 4G-LTE (long term evolution) menjadi nyata. Mulai tahun ini, produsen ponsel siap merilis ponsel pintar 4G.

Beberapa vendor ponsel, antara lain Lenovo, Polytron, Asus dan Evercoss memastikan akan memasarkan ponsel dengan kapasitas 4G di pasar Indonesia. Malah, produsen ponsel asal negeri China Lenovo sudah melansir smartphone 4G-LTE.

"Lenovo sudah merilis 4G-LTE Z2pro. Tentu tahun ini akan ada model LTE baru yang lain," kata MIDH Business Head, Lenovo Indonesia Agus Sugiharto kepada KONTAN, Kamis (15/1).

Agus masih belum bisa membocorkan varian, spesifikasi juga harga ponsel 4G yang bakal dilansir tahun ini. Dari riset KONTAN, Lenovo 4G-LTE Vibe Z2 Pro telah dilansir pada akhir tahun lalu 2014 dengan banderol sekitar Rp 7 juta unit.

Sementara itu Polytron belum melansir ponsel 4G-LTE. Public Relations dan Marketing Event Manager Polytron Santo Kadarusman bilang, Polytron akan merilis ponsel 4G-LTE dalam waktu dekat. "Kami akan meluncurkan smartphone 4G-LTE sebentar lagi. Kami juga sudah sounding di Facebook Polytron Mobile dan Facebook Polytron," terang Santo.

Di Facebook Polytron terungkap bahwa jika tak ada aral melintang, Januari 2015 ini, smartphone 4G-LTE Polytron Zap 4G bakal meluncur ke pasar. Namun, belum dijelaskan spesifikasi maupun harga produk itu. Vendor lokal lain seperti Evercoss juga siap memproduksi ponsel 4G-LTE.

Direktur Pemasaran Evercoss Janto Djojo menjanjikan ponsel 4G besutannya bakal berbanderol harga murah. Pasalnya, Evercoss ingin mempertahankan citra sebagai produsen ponsel murah. "Kuartal satu kami siap meluncurkan smartphone 4G terjangkau. Kami ingin pertahankan pasar di segmen menengah bawah," katanya.

Bakal mewabah Adapun Asus yang menargetkan penjualan smartphone sebanyak delapan juta unit tahun ini juga akan menjual ponsel 4G. Hanya, Country Product Group Leader Asus Indonesia Juliana Cen belum memastikan tipe ponsel Asus apa saja yang akan dirilis ke Indonesia. "Kami menunggu konfirmasi dari global dulu. Yang pasti ada ponsel 4G meluncur tahun ini," ungkapnya.

Sedangkan Samsung Mobile Indonesia sudah melansir beberapa produk ponsel 4G, seperti Samsung Galaxy A5 SM-A500F dan Samsung Galaxy Alpha SM-6850F. Meski begitu, Andre Rompis, Vice President Samsung Mobile Indonesia bilang, akan melansir ponsel 4G baru. "Kami beritahukan produk baru secepatnya pertengahan atau akhir Januari," ucapnya, BlackBerry juga tak mau ketinggalan kereta.

Senior Country Product Manager Blackberry Southeast Asia, Ardo Fadhola memastikan BlackBerry segera melansir produk ponsel 4G LTE. Saat ini pihaknya tengah melakukan sertifikasi produk. "Untuk spesifikasi dan harganya belum bisa kami beritahukan saat ini," ujarnya.

Sayang, para produsen belum berani menyebut target penjualan ponsel 4G. Namun Juliana memperkirakan dari total penjualan ponsel di Indonesia yang bisa mencapai 75 juta, sekitar 40 juta unit berasal dari ponsel pintar. Sedangkan tahun lalu, penjualan ponsel di Indonesia baru 70 juta unit dan sekitar 30 juta unit dari ponsel pintar.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×