kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.001,74   -2,58   -0.26%
  • EMAS981.000 0,10%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

PPKM darurat berpotensi turunkan penjualan Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) hingga 40%


Minggu, 18 Juli 2021 / 19:58 WIB
PPKM darurat berpotensi turunkan penjualan Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) hingga 40%
ILUSTRASI. Lantai Keramik Kaisar Ceramics produksi PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk.

Reporter: Vina Elvira | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelaksanaan Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) darurat selama dua pekan berpotensi menurunkan penjualan emiten keramik, PT Cahayaputra Asa Keramik Tbk (CAKK). Hal itu lantaran PPKM darurat berdampak terhadap mobilitas masyarakat, yang mana akan menghambat kegiatan operasional perusahaan, khususnya terhadap proses pendistribusian produk. 

"Potensi penurunan bisa mencapai 40% di masa pemberlakuan PPKM darurat," ungkap Direktur Cahayaputra Asa Keramik, Juli Berliana Posman kepada Kontan.co.id, Minggu (18/7). 

Juli mengatakan, hingga saat ini belum ada penurunan kapasitas produksi. Sehingga CAKK masih berproduksi seperti biasa. Hanya saja, kegiatan pendistribusian menjadi terhambat sehingga CAKK hanya bisa memaksimalkan distribusi ke wilayah-wilayah yang belum masuk ke dalam PPKM darurat. 

"Terutama karena pembatasan kegiatan di Jawa-Bali dan perluasan ke daerah-daerah lain. Sehingga kami cuman bisa memaksimalkan distribusi ke wilayah yang masih belum berdampak PPKM darurat," kata dia. 

Baca Juga: Perbaiki kinerja, Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) diversifikasi produk

Namun demikian, apabila pelaksanaan PPKM darurat ini terus berlanjut hingga beberapa waktu ke depan, skenario terburuknya CAKK pun harus melakukan sejumlah penyesuaian di lapangan, salah satunya dengan menurunkan kapasitas produksi mereka. "Hal ini juga sangat berat mengingat hampir semua daerah sudah mulai berimbas," ujar dia.

Juli berujar, hingga saat ini pihaknya belum memutuskan berapa kisaran kapasitas produksi yang kemungkinan akan diturunkan apabila PPKM darurat ini diperpanjang. Terlepas dari hal itu, CAKK berharap PPKM darurat ini berhasil menangani masalah pandemi sehingga roda perekonomian bisa kembali berjalan lancar. 

Baca Juga: Dorong bisnis, Cahayaputra Asa Keramik (CAKK) terus memperluas jaringan distribusi

"Untuk proyeksi sampai saat ini kami belum ada melakukan penyesuaian. Namun jika PPKM darurat masih akan diperpanjang setelah bulan Juli ini, maka kami harus melakukan penyesuaian-penyesuaian," tutup Juli. 

Adapun, berdasarkan catatan Kontan.co.id sebelumnya CAKK membidik pertumbuhan penjualan akan tumbuh 35% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Perusahaan ini juga melihat prospek pasar tahun ini akan membaik. 

Baca Juga: Asaki: Pebisnis keramik siap menyerap gas industri lebih besar lagi tahun ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

[X]
×