Reporter: Vatrischa Putri Nur | Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produk kemasan makanan asal Indonesia berhasil meraih potensi transaksi senilai US$ 50 juta atau sekitar Rp 800 miliar pada salah satu ajang bisnis terbesar di Amerika Serikat (AS), yakni National Restaurant Association (NRA) Show 2025.
Pameran ini berlangsung pada 17–20 Mei 2025 di McCormick Place, Chicago, AS. Kepala Indonesian Trade Promotion Center (ITPC) Chicago Dhonny Yudho Kusuma menyampaikan, partisipasi kali ini semakin memperkenalkan produk kemasan makanan dari Indonesia ke pasar mancanegara.
“Capaian ini menandakan minat yang besar dari buyer AS terhadap produk kemasan makanan dari Indonesia. ITPC Chicago berkomitmen mendukung pelaku usaha Indonesia untuk terus berpromosi, serta akan menghubungkan mereka dengan para buyer dan pemangku kepentingan di AS,” ujar Dhonny melalui keterangan tertulis, Minggu (15/6).
Dhonny menambahkan, industri makanan dan minuman global saat ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan. Kondisi ini mendorong peningkatan kebutuhan inovasi kemasan, bahan makanan berkualitas, serta peralatan dapur yang efisien dan ramah lingkungan.
Baca Juga: BRI Bawa Tiga UMKM Binaan ke Pameran Produk Natural Terbesar Dunia di Los Angeles
Ada tiga perusahaan Indonesia berpartisipasi pada NRA Show 2025. Ketiga perusahaan tersebut, yakni PT Green Source Indonesia yang merupakan produsen kemasan yang dapat terurai secara alami (biodegradable), serta PT Grand Major Packaging Indonesia, dan PT Legend Packaging Indonesia yang merupakan produsen kemasan makanan.
Ketiga perusahaan yang berpartisipasi ini merupakan perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) Tiongkok yang berproduksi di Indonesia. Dhonny menambahkan, perusahaan-perusahaan hasil PMA turut mendorong peningkatan ekonomi Indonesia, termasuk dalam hal mendorong ekspor.
Baca Juga: BRI Ajak 20 UMKM Binaan Pameran di Singapura, Raih Kontrak Ekspor Jutaan Dolar
Sebagai informasi, NRA Show 2025 dihadiri lebih dari 50 ribu pelaku industri dari seluruh dunia dengan lebih dari 2.300 perusahaan yang menjadi peserta pameran.
Para peserta pameran berasal dari 45 negara termasuk distributor, pengecer besar, operator restoran, dan pemilik merek.
Selain pameran produk, NRA Show 2025 mengadakan berbagai kegiatan seperti demo masak, penjajakan sampel (sampling) produk, seminar dan lokakarya, acara jejaring, dan pemberian penghargaan bagi perusahaan.
Tren utama yang ditampilkan, yakni optimalisasi rantai pasokan, efisiensi tenaga kerja, kesejahteraan konsumen dan perubahan selera, pertumbuhan konsumsi di luar lokasi, kustomisasi dan penawaran terbatas, perluasan dan aplikasi data, serta cita rasa.
Baca Juga: Kuat di Produk Lokal, Paperocks (PPRI) Optimistis Hadapi Tekanan di Kuartal II
Selanjutnya: Kuat di Produk Lokal, Paperocks (PPRI) Optimistis Hadapi Tekanan di Kuartal II
Menarik Dibaca: Suka Minum Susu? Ini 5 Efek Terlalu Banyak Minum Susu yang Wajib Anda Tahu
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News