kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Produsen Berebut Pasar Kulkas Side by Side


Senin, 28 September 2009 / 08:12 WIB


Sumber: Kontan |

JAKARTA. Pasar lemari pendingin bahan makanan dan minuman alias kulkas terus menggeliat. Jenis kulkas yang sedang naik daun adalah kulkas side by side. Hal ini terlihat dari langkah para produsen kulkas yang berlomba-lomba meluncurkan seri kulkas side by side terbarunya.

Sebetulnya, porsi pasar lemari es side by side saat ini masih kecil, yakni hanya sekitar 5% dari total pasar kulkas di Indonesia. Namun, permintaan kulkas side by side terus bertumbuh dari waktu ke waktu.

Iffan Suryanto yang juga Ketua Electronic Marketer Club (EMC) memperkirakan, pasar kulkas side by side tahun ini akan tumbuh 20% dari tahun lalu yang sebesar 11.600 unit. "Meningkatnya penjualan kulkas mewah ini berhubungan dengan meningkatnya kebutuhan akan gaya hidup yang semakin baik," ujarnya.

Menurut Iffan, banyak pengguna kulkas dengan kapasitas sekitar 300 liter, akan beralih ke kulkas side by side yang paling tidak berkapasitas 500 liter. "Kisaran harganya antara Rp 10 juta hingga Rp 30 juta per unit," imbuh Iffan.

Hal ini lah yang mendorong para produsen lemari es berlomba-lomba meluncurkan kulkas side by side terbarunya.

Sebut saja LG. Oktober mendatang, perusahaan asal Korea ini akan meluncurkan kulkas side by side terbarunya, yaitu LG Shine.

LG akan meluncurkan LG Shine dalam tiga seri kapasitas. Sayang manajemen LG belum bersedia memaparkan detailnya. Yang jelas, "Shine series sendiri bakal dibanderol di harga sekitar Rp 20 jutaan per unit," kata Michael Adi Suhanto, Product Marketing Refrigerator PT LG Electronics Indonesia (LGEIN).

Dengan meluncurkan LG Shine, LG menargetkan penjualan kulkas side by side-nya tahun ini akan naik 20%. "Kami berharap penjualannya menembus 3.600 unit sampai akhir 2009," ujar Michael.

PT Sharp Electronics Indonesia-sang pemimpin pasar kulkas side by side dengan penguasaan pangsa pasar sebesar 45% - ingin terus mempertahankankan dominasinya. Untuk itu, Sharp bakal meluncurkan produk kulkas side by side seri terbarunya.

"Kami sudah bersiap meluncurkan side by side seri terbaru tahun ini," kata Iffan, General Manager Sales & Marketing PT Sharp Electronik Indonesia. Tahun lalu, kata Iffan, Sharp Electronik Indonesia berhasil menjual 5.200 unit kulkas side by side.

Tak mau ketinggalan dari kedua pesaingnya, Electrolux Electronik Indonesia juga sedang bersiap meluncurkan kulkas side by side. "Kami melihat pasar side by side sedang bertumbuh," ujar Lanny Kurniawan, Manajer Pemasaran PT Electrolux Indonesia.

Saat ini Electrolux memang baru punya satu seri kulkas jenis side by side yang mereka luncurkan 2002.

Namun, sejauh ini penjualan kulkas side by side buatan Electrolux masih kalah banyak dibandingkan dengan penjualan kulkas side by side LG dan Sharp. "Pangsa pasar kami di segmen ini kecil, tetapi pasarnya sendiri bagus," kata Lanny.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×