kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45784,56   -4,98   -0.63%
  • EMAS937.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.23%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.08%

Program wisata kawasan ASEAN melampaui target


Jumat, 26 Januari 2018 / 13:15 WIB
Program wisata kawasan ASEAN melampaui target

Berita Terkait

Reporter: Jane Aprilyani | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Program ASEAN One Single Destination of Sustainable Tourism yang sudah dilakukan selama dua tahun lalu terbukti sukses. Dari mulai length of stay, angka kunjungan wisman, hingga devisa negara-negara ASEAN, grafiknya naik signifikan.

Tengok saja angka international visitors di kawasan ASEAN di 2017. Angkanya menembus 125 juta kunjungan. Jauh melampaui target yang dipatok di angka 121 juta kunjungan. Income yang didapat juga terbilang fantastis. Angkanya menembus US$ 93 miliar, jauh melampaui target sebesar US$ 83 miliar. Sementara length of stay, ada di angka 7,98 hari. Angkanya sedikit di atas target 6-7 hari.


"Ini menjadi penting. Program One Single Destination of Sustainable Tourism terbukti efektif mengembangkan pariwisata di kawasan Asia Tenggara. Artinya, kita harus berkolaborasi untuk menjadi besar," kata Arief Yahya dalam keterangan pers, Jumat (26/1).

Baginya, kekuatan regional itu bisa menjadi competitive advantage bagi ASEAN. Karenanya competitive, comparative, dan collaborative (3C) terus didorong dalam menjalin kerja sama regional bidang kepariwisataan bersama negara-negara anggota ASEAN.

“Kalau kita kumpulkan semua kelebihan ASEAN, maka akan kuat dan bisa bersaing dengan Eropa, Great China, Timur Tengah, dan Amerika utara yang sama-sama menjual kekuatan regional. Karenanya saya ucapkan terimakasih kepada Brunei Darussalam yang telah mengkoordinasikan program ini dengan sangat baik," pungkas Arief Yahya.

Indonesia juga ikut diuntungkan saat bergabung dalam promosi dan event bersama antarnegara ASEAN ini.

Program wisata kawasan ASEAN lampaui target

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×