kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Progres Proyek Strategis Nasional Jalan Akses Tol Makassar New Port Capai 73,03%


Rabu, 12 Juli 2023 / 18:01 WIB
Progres Proyek Strategis Nasional Jalan Akses Tol Makassar New Port Capai 73,03%
Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) yang digarap?PT?Nusantara Infrastructure Tbk (META).


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - MAKASSAR. PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) melalui anak PT Makassar Metro Network (MMN) telah menempuh proses pembangunan Jalan Akses Tol Makassar New Port (MNP) sebanyak 73,03% hingga Juli 2023.

Ismail Malliungan, Direktur Utama PT MMN menuturkan ini merupakan salah satu proyek strategis nasional pemerintah menciptakan konektivitas di Wilayah Timur Indonesia. Targetnya, pihaknya akan membangun akses tol sepanjang 3,2 km.

"Saat ini, progres proyek pembangunan telah mencapai 73.03% per 10 Juli 2023 yang saat ini tengah memasuki tahap penyelesaian erection box girder dengan metode shoring," jelasnya, Rabu (12/7).

Baca Juga: Nusantara Infrastructure (META) Targetkan Pendapatan Naik 10% di Tahun 2023

Ia melanjutkan, progres pembangunan tengah memasuki tahapan penyelesaian berbagai struktur pekerjaan. Selanjutnya, akan dilanjutkan pemasangan LRB (Lead Rubber Bearing), pengaspalan dan juga pekerjaan relokasi ramp at-grade

Pembangunan Jalan Akses Tol MNP nantinya akan mempermudah akses mobilisasi logistik sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Makassar. Proyek ini akan terkoneksi dari Tol Reformasi Makassar (Tol JTSE) menuju ke Pelabuhan Petikemas Makassar New Port dan dari Kawasan Industri Makassar (Kima) menuju Pelabuhan Petikemas Makassar New Port. 

Keberadaan jalan tol ini juga diharapkan dapat memperlancar jalur ekspor dan impor melalui pelabuhan yang menghubungkan Makassar dengan kota-kota lain di Sulawesi Selatan dan provinsi sekitarnya.

Tak hanya itu, proyek ini juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan bagi angkutan barang atau logistik dengan akses langsung dari dan menuju ke MNP. Dengan begitu, keberadaan Tol MNP akan mendukung operasional Pelabuhan Makassar New Port. 

 

Proyek pembangunan Jalan Akses Tol MNP akan dilakukan dalam tiga tahap. Tahap pertama dilakukan mulai dari arah pelabuhan lama (Jalan Tol Seksi 1) menuju MNP.

Sementara pembangunan tahap kedua dilakukan dari arah Bandara (Jalan Tol Makassar Seksi IV) menuju ke MNP. Tahap pertama dan kedua dikerjakan bersamaan sedangkan tahap ketiga dari MNP menuju ke Bandara akan dikerjakan pada tahap berikutnya. 

Akses jalan tol menuju Makassar New Port merupakan Proyek Strategis Nasional (PSN) pembangunan pemerintah pusat yang akan dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Badan Usaha Jalan Tol. Sedangkan Pembebasan lahan untuk proyek ini dilaksanakan oleh PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×