kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Proyek kereta cepat dituding penyebab genangan di Tol Padaleunyi, ini kata KCIC


Kamis, 13 Agustus 2020 / 13:39 WIB
Proyek kereta cepat dituding penyebab genangan di Tol Padaleunyi, ini kata KCIC
ILUSTRASI. Proyek pembangunan terowongan kereta cepat Jakarta-Bandung. Foto Dok. PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Corporate Secretary PT Kereta Cepat Indonesia China ( KCIC) Mirza Soraya membantah genangan di Jalan Tol Padaleunyi KM 130 berasal dari pembangunan proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). Menurut Mirza genangan terjadi karena curah hujan yang cukup deras. 

"Sehingga terjadi peningkatan volume air pada saat saat berlangsungnya pekerjaan relokasi tanggul penahan air pada kawasan tersebut," ucap Mirza dalam siaran pers, Kamis (13/8/2020).

Kontraktor proyek KCJB, China Railway Group Limited (CREC) segera melakukan langkah antisipasi untuk mengembalikan kondisi normal seperti membuat bukaan (shortcut).

Baca Juga: Semester I 2020, proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung selesaikan tiga tunnel

Hal ini dilakukan untuk mengurangi level air yang menggenang dan melakukan pemopaan sisa air yang terjebak di daerah cekungan di kawasan tersebut. 

Sebelumnya, Corporate Communications and Community Development Group Head PT Jasa Marga (Persero) Tbk Dwimawan Heru Santoso menuding proyek KCJB sebagai pemicu genangan air di jalan bebas hambatan tersebut.

Dia juga membantah, genangan air terjadi karena tak berfungsinya sistem drainase jalan tol. "Ini disebabkan proyek pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) di sekitar Jalan Tol Padaleunyi KM 130," kata Heru dalam keterangan tertulis, Rabu (12/8/2020).

Namun, pada Rabu (12/8/2020) pukul 20.30, kondisi genangan air telah surut dan lalu lintas kendaraan sudah berjalan normal. KCIC sendiri mengaku terus berkoordinasi dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk dan Dinas Bina Marga Provinsi Jawa Barat untuk mengatasi genangan air tersebut.

Baca Juga: Soal proyek Kereta Cepat Jakarta-Surabaya, emiten konstruksi tunggu kejelasan tender

"PT KCIC memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan kepada pengguna jalan dan memastikan pihak kontraktor akan menyelesaikan proses pembangunan tanggul dalam pekan ini," lanjut Mirza.

Mirza menuturkan, Jasa Marga dan KCIC terus memantau dan memastikan metode kerja kontraktor sesuai dengan mengikuti standar yang berlaku. (Suhaiela Bahfein)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "KCIC Bantah Genangan di Tol Padaleunyi Disebabkan Proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×