Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Elektronik Distribusi Otomatisasi Terkemuka (PT EDOT) memperkuat posisinya sebagai penyedia solusi bisnis berbasis teknologi di sektor Business-to-Business (B2B) di Indonesia.
Sejak didirikan pada tahun 2018, perusahaan ini mengembangkan berbagai inovasi untuk mendukung ekosistem bisnis, khususnya di sektor General Trade (GT) yang mencakup distributor, grosir, dan pengecer kecil.
PT EDOT memulai usahanya dengan platform B2B Marketplace bernama eDOT, yang kemudian bertransformasi menjadi eDOT Mitra atau emitra. Saat ini, perusahaan mengelompokkan unit bisnisnya ke dalam dua kategori utama, yaitu Teknologi dan Layanan.
Baca Juga: Startup Pemenang Startup4Industry 2024 Hadirkan Solusi Bisnis Bagi UMKM
Pada kategori Teknologi, PT EDOT mengembangkan berbagai aplikasi, seperti Sales Force Automation (ework), Distribution Management System (esuite), B2B Customer Loyalty Apps (emitra), dan Brand Campaign & Reward Apps (eDOT).
Selain perangkat lunak, perusahaan juga menyediakan perangkat keras, termasuk Point of Sales (POS), Portable POS, Kiosk, Tablet, dan Delivery Bot.
CEO PT EDOT, Ernest F Lesmana, menyatakan bahwa inovasi merupakan faktor utama dalam setiap produk dan layanan yang dikembangkan perusahaan untuk menyesuaikan diri dengan dinamika industri.
"PT EDOT tidak hanya menyediakan perangkat lunak, tetapi juga ekosistem bisnis yang mendukung efisiensi dan efektivitas operasional bagi pelaku usaha," ujarnya dalam siaran pers, Senin (17/2).
Pada kategori Layanan, PT EDOT menawarkan solusi transportasi dan penyewaan kendaraan melalui unit bisnis elog. Selain itu, melalui emagineer, perusahaan menyediakan layanan pemasaran digital yang mencakup strategi pemasaran digital, pengelolaan media sosial, dan optimalisasi penjualan melalui platform seperti TikTok Shop (TSP).
Baca Juga: Infomedia Wujudkan Transformasi Digital lewat Inovasi Solusi Bisnis Berbasis AI
PT EDOT mengembangkan berbagai fitur unggulan dalam produknya. Misalnya, aplikasi ework dilengkapi dengan fitur anti-fake GPS untuk memastikan akurasi lokasi tim penjualan.
Sementara itu, esuite memiliki asisten AI untuk meningkatkan efisiensi manajemen distribusi. Di sisi perangkat keras, produk eDOT dirancang dengan fitur all-in-one, seperti built-in printer dan metode pembayaran offline, serta ditawarkan dengan harga yang kompetitif.
Selain pengembangan produk, PT EDOT menargetkan ekspansi ke pasar internasional, terutama di negara-negara berkembang.
Ernest menyebutkan bahwa perusahaan melihat peluang di pasar emerging market dan berfokus pada pengembangan produk dengan integrasi teknologi seperti kecerdasan buatan (AI) sebagai prioritas.
Baca Juga: 9 Buku Rekomendasi Elon Musk untuk Menguasai Bisnis dan Teknologi
PT EDOT memiliki visi untuk menjadi penyedia solusi bisnis berbasis teknologi yang terkemuka dan berkomitmen untuk terus berinovasi serta memperluas jangkauan pasar.
Selanjutnya: Perjalanan Transformasi KB Bank, Menuju Fondasi Keuangan Lebih Kuat & Berkelanjutan
Menarik Dibaca: Tips Aman Lakukan Pembayaran via QRIS
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News