kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,84   4,26   0.48%
  • EMAS1.325.000 -1,49%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

PTDI Ekspor 6 Pesawat Terbang NC212i ke Filipina Senilai US$79 Juta


Selasa, 24 Oktober 2023 / 13:46 WIB
PTDI Ekspor 6 Pesawat Terbang NC212i ke Filipina Senilai US$79 Juta


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Dirgantara Indonesia (Persero) atau PTDI mengekspor enam unit pesawat terbang NC212i ke Filipina senilai US$ 79 juta. Keenam pesawat terbang produksi PTDI tersebut dipesan Department of National Defense/Armed Forces of Philippines (DND/AFP).

Direktur Keuangan, Manajemen Risiko, dan Sumber Daya Manusia PT Dirgantara Indonesia Wildan Arief mengatakan, Filipina telah memesan pesawat terbang hasil produksi PTDI untuk kedua kalinya.

Sebelumnya, Wildan mengungkapkan, PTDI memberikan apresiasi tinggi atas dukungan Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank dalam program penjualan pesawat terbang NC212i produksi PTDI ke Filipina.

Baca Juga: Eximbank Beri Pembiayaan Ekspor 6 Pesawat Terbang NC212i Buatan PTDI

"Kementerian Keuangan RI memberikan solusi pembiayaan untuk ekspor enam unit pesawat terbang NC212i yang dipesan (DND/AFP) Filipina senilai US$ 79 juta," kata Wildan dalam siaran pers, Selasa (24/10).

Ia menjelaskan, pembiayaan tersebut dilakukan dengan skema Penugasan Khusus Ekspor (PKE) atau National Interest Account (NIA) untuk mendukung industri manufaktur alat transportasi strategis nasional.

Wildan berharap, adanya solusi pembiayaan dari LPEI dapat menjadi keran pembuka ekspor pesawat terbang produksi PTDI lebih banyak lagi ke negara-negara lain yang pada akhirnya dapat meningkatkan devisa Indonesia.

“Kami harap PTDI dapat bangkit kembali, terbang tinggi melintasi langit, dan terus berkibar,” tuturnya.

Asal tahu saja, pesawat NC212i merupakan pesawat angkut ringan dengan sistem avionik modern full glass cockpit dan autopilot, yang dilengkapi dengan winglet, ramp door, dan memiliki ukuran kabin yang luas dibandingkan pesawat sekelasnya.

Sejak tahun 2014, PTDI merupakan satu-satunya industri manufaktur pesawat terbang di dunia yang memproduksi pesawat NC212i.

Baca Juga: Boeing & PTDI Teken Perjanjian Strategis Perkuat Kemampuan Pertahanan & Dirgantara RI

Hingga saat ini terhitung sebanyak 123 unit pesawat NC212 series yang telah diproduksi dan dikirimkan PTDI ke berbagai customer, baik dalam maupun luar negeri, dari total sebanyak 606 unit populasi pesawat NC212 series di dunia.

Perjanjian pembiayaan LPEI terhadap PTDI merupakan pemberian fasilitas ketiga yang dilakukan LPEI sejak 2018 lalu.

Sebelumnya, LPEI telah memberikan dua fasilitas modal kerja ekspor untuk mendukung pelaksanaan kontrak PTDI dengan Nepal berupa 1 unit CN235-220 Military Transport senilai US$30 juta.

Dan kontrak PTDI dengan Senegal berupa 1 unit CN235-220 Maritime Patrol Aircraft (MPA) senilai USD24 juta, yang mana kedua unit pesawat tersebut telah berhasil dikirimkan pada tahun 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×