kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rajin ekspansi, penjualan Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) naik 31,59% hingga Oktober


Minggu, 12 Desember 2021 / 19:28 WIB
Rajin ekspansi, penjualan Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) naik 31,59% hingga Oktober
Kurniamitra Duta Sentosa (KMDS) Retail and Training Studio.


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemulihan ekonomi dan pandemi covid-19 yang lebih terkendali menjadi katalis positif bagi PT Kurniamitra Duta Sentosa Tbk (KMDS) dalam mendongkrak kinerja bisnisnya. Berbarengan dengan itu, KMDS juga gencar menggelar ekspansi di tahun ini. 

Corporate Secretary Kurniamitra Duta Sentosa Sarrah Jessica mengungkapkan, program vaksinasi Covid-19 hingga adanya pelonggaran di bisnis pusat perbelanjaan dan Food and Beverage (F&B) telah memberi dampak positif bagi kinerja KMDS. Alhasil, penjualan dan laba KMDS pun bisa tumbuh signifikan.

Merujuk laporan keuangan di Bursa Efek Indonesia, penjualan bersih KMDS dalam periode sembilan bulan 2021 tercatat Rp 156,04 miliar, meningkat 87,05% dibanding raihan Q3-2020 yang sebesar Rp 83,42 miliar. Sejalan dengan itu, laba periode berjalan KMDS juga terdongkrak 92,18% menjadi Rp 21,64 miliar, dibandingkan Rp 11,26 miliar per September 2020.

"Ini dipengaruhi pulihnya ekonomi di 2021. Meskipun terdapat PPKM di beberapa daerah, namun tidak seketat tahun lalu. Sehingga masih memberikan respon positif pada kinerja Perseroan," ujar Sarrah saat dihubungi Kontan.co.id, Minggu (12/12).

Baca Juga: Wira Global (WGSH) bidik pertumbuhan pendapatan 30% pada tahun 2022

Selain faktor tersebut, KMDS juga menjalankan sejumlah strategi bisnis. Diantaranya dengan terus menjaga relasi dengan para pelanggan di jaringan nasional, menjangkau lebih banyak pengusaha F&B yang sedang berkembang, serta melakukan ekspansi dengan penambahan showroom untuk memfasilitasi para pelanggan.

Saat ini, emiten yang bergerak di sektor perdagangan produk bahan F&B dan peralatan penunjang ini memasarkan lebih dari 100 stock keeping unit (SKU). Produk cokelat, Sirup Monin dan Susu Milklab menjadi penopang utama penjualan KMDS.

Pada tahun ini, KMDS sudah merealisasikan tambahan satu unit gudang, serta dua unit showroom dan training center yang berlokasi di Surabaya dan Jakarta Utara. Dengan ekspansi tersebut, KMDS memiliki tiga unit gudang dan empat showroom dan training center. 

Terbaru, pada pertengahan November lalu KMDS membuka showroom dan training centre F&B keempat, yang berlokasi di Pantai Indah Kapuk 2 (PIK 2), Jakarta Utara. Seiring dengan pemulihan pandemi Covid-19, KMDS menyakini showroom ini akan dapat mendukung perusahaan dalam meningkatkan pendapatan.

Sarrah menyebut, ekspansi ini juga untuk mengantisipasi pertumbuhan penjualan pada tahun depan. "Pada tahun ini Perseroan melakukan pembelian gudang untuk menambah kapasitas penyimpanan barang sehingga dapat meningkatkan volume penjualan. Selain itu,  Perseroan melakukan pembukaan 2 showroom dan training center yaitu di Surabaya dan PIK2, Jakarta Utara," ungkapnya.

Baca Juga: Kino Indonesia (KINO) siapkan capex hingga Rp 400 miliar pada tahun 2022

Dengan raihan dan strategi bisnis tersebut, KMDS pun optimistis penjualan di 2021 yang ditargetkan meningkat 15% dibanding 2020 bakal tercapai. Bahkan, berpotensi untuk melampaui target tersebut. Hal ini terlihat dari capaian penjualan KMDS per Oktober 2021 yang sudah tumbuh 31,59% dibandingkan tahun lalu.

"Pada Q4, perseroan fokus untuk mendorong kinerja yang lebih baik. Pada bulan November dan Desember, perseroan optimis untuk nilai penjualan yang baik," tutup Sarrah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×