kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Rel jalur ganda Manggarai - Bekasi ditargetkan rampung 2021


Senin, 08 April 2019 / 21:04 WIB
Rel jalur ganda Manggarai - Bekasi ditargetkan rampung 2021


Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Perhubungan (Kemhub) menargetkan rel jalur ganda atau double-double track (DDT) antara Stasiun Manggarai hingga Bekasi akan rampung pada 2021.

Kepala Balai Teknik Jakarta Banten Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemhub Jumardi mengatakan, DDT Manggarai Bekasi tersebut akan selesai bersamaan dengan selesainya pembangunan stasiun sentral Manggarai atau stasiun yang dianggap paling canggih di Jabodetabek.

"Sekarang masih sampai Cakung karena di Stasiun Kranji masih ada masalah. Pada 2021, bersamaan dengan mondernisasi stasiun KRL di Bekasi dan penyempuranaan stasiun di Cikarang maka DDT itu bisa full dari Manggarai ke Bekasi," ujar Jumardi, Senin (8/4).

Adanya DDT ini diharapkan akan menghemat waktu dan tidak akan ada antrian yang panjang di stasiun-stasiun karena menunggu kereta api jarak jauh. Tujuan pembangunan DDT ini memang untuk memisahkan operasi jalur KRL dengan jalur kereta api jarak jauh.

Jumardi menambahkan, dalam jangka panjang, DDT diharapkan tak hanya sebatas di Manggarai hingga Bekasi namun bisa mencapai Cikarang. Lingkup pekerjaan yang masuk dalam pengembangan DDT antara Manggarai dan Cikarang ini pun termasuk pekerjaan jalan KA layang (elevated) sepanjang kurang lebih 3 km, pekerjaan jalan KA At Grade sepanjang kurang lebih 15 km.

Selanjutnya, Pembangunan dan modernisasi 12 stasiun antara Manggarai Cikarang, pembangunan central station Manggarai yang terintegrasi dengan Layanan KA Bandara SHIA, pembangunan Dipo Cipinang untuk depo lokomotif dan kereta juga pekerjaan fasilitas operasi termasuk elektrifikasi Bekasi-Cikarang sepanjang 16,74 km.

Sejauh ini, progres pembangunannya antara lain pengoperasian elektrifikasi Bekasi - Cikarang sepanjang 16,74 km pada tahun 2017, Pada 2017 hingga 2018 juga terdapat pengoperasian 8 stasiun yakni Kelnder, Buaran, Klender Baru, Cakung, Kranji, Bekasi Timur, Cibitung dan Cikarang tahap I. "Kami masih menyebut tahap I karena tahun ini baru dibuka tender untuk tahap II" ujar Jumardi.

Dalam waktu dekat, DDT antara Jatinegara - Cakung pun akan beroperasi pada 12 April 2019, KA Bandara SHIA di Stasiun Manggarai akan beroperasi pada Mei 2019, dan Dipo Cipinang akan beroperasi pada Juni 2019.

Di lain sisi, Pengamat Transportasi Djoko Setijowarno mengatakan DDT antara Manggarai hingga Bekasi bisa rampung pada 2021. "Yang berat itu adalah pembuatan jalan layang dari Manggarai sampai Jatinegara. Ya mungkin setahun selesainya. Mungkin 2021 awal selesainya," ujar Djoko.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×