kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45917,30   -2,20   -0.24%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi! Royalti Nol Persen untuk Perusahaan Batubara yang Lakukan Hilirisasi


Senin, 02 Januari 2023 / 18:16 WIB
Resmi! Royalti Nol Persen untuk Perusahaan Batubara yang Lakukan Hilirisasi
Tambang batubara mitra PT Akbar Indo Makmur Stimec Tbk (AIMS). Pemerintah Tetapkan Royalti Nol Persen untuk Perusahaan Batubara yang Lakukan Hilirisasi.


Reporter: Filemon Agung | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah secara resmi menetapkan pengenaan iuran produksi atau royalti nol persen (0%) untuk perusahaan batubara yang melakukan hilirisasi.

Ketentuan ini dimuat dalam Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 2 Tahun 2022 tentang Cipta Kerja yang ditetapkan pada 30 Desember 2022.

Dalam pembahasan sub Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Halaman 220 Paragraf 5, sejumlah ketentuan terkait pertambangan minerba diubah.

Baca Juga: Sah, Perusahaan Batubara yang Lakukan Hilirisasi Dapat Insentif Tarif Royalti 0%

Dalam Pasal 39 beleid ini, disebutkan bahwa diantara Pasal 128 dan Pasal 129 dalam UU Nomor 3 Tahun 2020 disisipkan Pasal 128A. Adapun, Pasal 128A ayat 2 berbunyi, Pemberian perlakuan tertentu terhadap kewajiban penerimaan negara sebagaimana dimaksud pada ayat (1) untuk kegiatan pengembangan dan/atau pemanfaatan batubara dapat berupa pengenaan iuran produksi/royalti sebesar 0% (nol persen).

Pengamat Hukum Energi dan Pertambangan Universitas Tarumanegara Ahmad Redi menjelaskan, kebijakan ini cukup ideal untuk pelaku usaha.

"Kebijkan royalti nol persen tersebut cukup ideal sebagai insentif bagi perusahaan yang mau melakukan hilirisai batubara," kata Redi kepada Kontan, Senin (2/1).

Redi menjelaskan, secara substansi ketentuan dalam Perppu Cipta Kerja ini hampir sama dengan Undang-Undang Cipta Kerja. Selain itu, substansi terkait isu minerba juga dinilai sama.

"Artinya substansi hilirisasi batubara ini masih dianggap penting dan strategis," jelas Redi.

Baca Juga: Produksi Batubara Berpotensi Meningkat Tahun Depan, Ini Faktornya

Redi melanjutkan, hilirisasi batubara sangat penting bagi Indonesia sebab dapat meningkatkan nilai tambah produk, meningkatkan penerimaan negara dan daerah serta peningkatan penerimaan tenaga kerja. Selain itu, lewat hilirisasi batubara maka akan tercipta pemenuhan kebutuhan batubara dalam negeri seperti batubara cair dan gas untuk bahan bakar serta pengembangan kawasan industri.

Kontan mencatat, hingga April 2022 lalu setidaknya ada 11 perusahaan yang berkomitmen melaksanakan hilirisasi batubara hingga 2029 menatang. Dari 11 perusahaan tersebut, sebanyak 3 proyek dari 3 perusahaan sudah berproduksi. 




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×