kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Riset Kadence: Tokopedia Duduki Posisi Tertinggi Platform Belanja Online


Kamis, 08 Desember 2022 / 20:00 WIB
Riset Kadence: Tokopedia Duduki Posisi Tertinggi Platform Belanja Online
ILUSTRASI. Tokopedia menyediakan ekosistem khusus untuk orang tua bisa menemukan berbagai produk kebutuhan keluarga dan anak di Tokopedia Parents.


Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Lembaga riset pasar global Kandence International melakukan survei secara daring pada 2-15 November 2022. Survei ini dinamakan “The Most Trusted E-commerce”  melibatkan 1.200 pengguna platform e-commerce di kota-kota besar Indonesia, seperti Bandung, Surabaya, Makassar, dan Medan.

Survei ini menggali lebih dalam aspek-aspek yang mendorong kepuasan dan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap platform e-commerce, serta menilik platform-platform e-commerce yang unggul dalam setiap aspek tersebut.

Kandence International menemukan terdapat tiga faktor utama yang dicari pengguna platform e-commerce di Indonesia, yaitu faktor keamanan, kualitas dan keaslian produk, serta pengiriman. Ketiga faktor ini menentukan seberapa puas pengguna terhadap platform e-commerce yang digunakan.

Baca Juga: Manajemen GOTO Buka-bukaan Soal Kejatuhan Harga Saham dan Transaksi Dua Rupiah

Studi ini juga menemukan dari berbagai platform e-commerce di Indonesia, mayoritas responden menyebut Tokopedia sebagai platform yang paling aman 85%, dapat dipercaya 86%, serta paling memuaskan dari sisi produk serta layanan pengiriman 86%.

Secara keseluruhan, Tokopedia menjadi platform e-commerce dengan indeks kepuasan pengguna tertinggi 89,68%, diikuti oleh Shopee 87,77%, dan Lazada 81,61%.

Associate Research Director  Kadence International Adhistya Febriani menjelaskan, survei yang dilakukan menunjukkan Tokopedia menjadi yang paling unggul dalam hal kualitas barang 85%, keandalan layanan pengiriman 85%, serta dalam menjaga data pribadi pengguna 84%.

"Dari sisi pembayaran, responden melihat Tokopedia dan Shopee sebagai dua platform e-commerce teratas dalam hal kemudahan pembayaran dan variasi metode, di mana 88% responden memilih Tokopedia dan 82% memilih Shopee," ujar Adhistya dalam keterangan resmi, Kamis (8/12).

Lebih lanjut, Adhistya memaparkan Blibli berada pada posisi ketiga pada aspek ini 62%, diikuti oleh Lazada 60%.

Selain itu, jumlah ulasan produk juga menjadi salah satu pertimbangan pengguna, di mana Tokopedia dan Shopee kembali unggul, dengan 86% responden memilih Shopee sebagai platform e-commerce yang paling banyak memiliki ulasan pembeli, diikuti dengan 76% responden yang memilih Tokopedia dan 52% memilih Lazada.

Baca Juga: Sahamnya Terus Turun, Manajer Investasi Lepas GOTO dalam Portofolio Reksadana

Kadence International juga melihat bahwa penting bagi para platform e-commerce untuk beralih strategi dari hanya mengandalkan kompetisi promo ke taktik penguatan brand positioning mereka dari sisi keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna.

"Kadence International juga melihat penting bagi para platform e-commerce untuk beralih strategi dari hanya mengandalkan kompetisi promo ke taktik penguatan brand positioning mereka dari sisi keamanan, kualitas, dan pengalaman pengguna," pungkas Adhistya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×