kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

RNI targetkan sudah distribusikan gula impor pada pertengahan Mei 2020


Senin, 20 April 2020 / 19:24 WIB
RNI targetkan sudah distribusikan gula impor pada pertengahan Mei 2020
ILUSTRASI. An employee checks raw sugar at a sugar refinery in the city of Hilla, Iraq November 21, 2017. REUTERS/Khalid al-Mousily

Reporter: Lidya Yuniartha | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Rajawali Nusantara Indonesia (RNI) sudah mendapatkan izin impor gula kristal putih (GKP) sebanyak 50.000 ton. RNI menargetkan, proses impor bisa segera dilakukan dan segera didistribusikan pada pertengahan Mei 2020.

Direktur Utama RNI Eko Taufik Wibowo mengatakan, RNI baru mendapatkan surat persetujuan impor (SPI) GKP dari Kemendag pada 7 April 2020, sehingga diharapkan proses lelang ini bisa diselesaikan pada minggu ketiga dan keempat April 2020.

"Proses impor akan dilakukan pada minggu keempat April dan diupayakan pada puasa, minggu kedua Mei, itu sudah bisa didistribusikan," ujar Eko dalam rapat dengar pendapat dengan komisi VI DPR, Senin (20/4).

Baca Juga: Waspada Memilih Saham yang Baru IPO, Begini Kinerjanya Sejak Pencatatan Hari Pertama

Dalam paparannya, Eko menyebutkan pula RNI mendapatkan SPI GKP di tanggal yang sama dengan PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI). Sama dengan RNI, PPI pun mendapat izin impor GKP sebanyak 50.000 ton.

Namun, proses lelang GKP dilakukan PPI pada minggu kedua dan ketiga April, dilanjutkan dengan proses impor di minggu keempat April, dan didistribusikan pada minggu pertama Mei 2020.

Meski sudah melakukan perencanaan proses impor dan pendistribusiannya, Eko tak menampik adanya kebijakan lockdown di beberapa negara bisa menghambat proses impor GKP tersebut.

Baca Juga: Ada 24 perusahaan yang IPO sejak awal 2020, begini pergerakan sahamnya

"Kami diwanti-wanti karena beberapa sumber yang memasok terkena lockdown. Dan ada juga kecenderungan ketidakstabilan supply dan kurs yang sedikit merepotkan kami dan mungkin memperlambat proses lelang. Tetapi kami tetap mengupayakan memastikan ramadan dan persiapan lebaran, permintaan pasar atas gula kami penuhi," ujar Eko.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×