kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45794,21   4,40   0.56%
  • EMAS1.007.000 -0,10%
  • RD.SAHAM 0.22%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.23%

Ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga (JSMR) semakin mengular


Senin, 10 Agustus 2020 / 20:07 WIB
Ruas jalan tol yang dikelola Jasa Marga (JSMR) semakin mengular
ILUSTRASI. Jalan Tol Balikpapan-Samarinda

Reporter: Sugeng Adji Soenarso | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Marga (Persero) Tbk sedang mengerjakan 8 proyek jalan tol tahun ini. Adapun beberapa di antaranya akan selesai ataupun beroperasi di tahun ini.

Sekretaris Perusahaan Jasa Marga Agus Setiawan memaparkan bahwa dari 8 proyek berjalan ada beberapa proyek yang bahkan selesai konstruksi dan ada pula yang mulai beroperasi mulai kuartal III ini.

Salah satunya, proyek Simpang Susun Sentul Selatan yang rencana dioperasikan pada triwulan ketiga ini. "Ini untuk memberi akses langsung pengguna jalan tol Jagorawi yang akan menggunakan tol Bogor Ring Road dan sebaliknya," ujarnya kepada kontan.co.id, Senin (10/8).

Baca Juga: Jasa Marga targetkan dua ruas jaringan Jalan tol JORR II beroperasi pada akhir 2020

Proyek lainnya yang direncanakan beroperasi pada kuartal III ini yakni Ruas Manado-Bitung sampai dengan Seksi 2A (SS-Kauditan).

Sedangkan untuk Seksi 2B (Danowudu-Bitung) direncanakan selesai konstruksi pada akhir tahun nanti dan beroperasi di awal tahun 2021. Kemudian, proyek lainnya yang akan selesai konstruksi pada kuartal III ini ada Ruas Balikpapan-Samarinda Seksi 1 (KM 13-Samboja) dan Seksi 5 (KM 13-Sepinggan) serta Ruas Kunciran-Cengkareng. Kedua ruas itu direncanakan beroperasi pada awal tahun 2021.

Sementara, untuk Ruas Cinere-Serpong dan Ruas Bogor Ring Road Seksi 3A akan selesai pada kuartal IV nanti dan direncanakan mulai beroperasi pada awal tahun 2021.

Selain enam ruas yang selesai tahun ini, dua ruas lainnya akan selesai konstruksi pada 2021-2022 yakni Ruas Japek Selatan Seksi 3 (Taman Mekar-Sadang) di kuartal III-2021 dan Ruas Probolinggo-Banyuwangi Seksi 1 (Probolinggo-Besuki) direncanakan selesai pada tahun 2022. "Probolinggo-Besuki saat ini masih dalam tahap pengadaan tanah," tuturnya.

Baca Juga: Pembebasan lahan jalan tol Probolinggo-Banyuwangi seksi 1 capai 18,76%

Selain ruas eksisting, emiten berkode saham JSMR di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini juga terus berekspansi meningkatkan panjang jalan tol yang dikelolanya. Terbaru Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) telah mulai melaksanakan prakualifikasi pelelangan jalan tol Gedebage-Tasikmalaya-Cilacap sepanjang 206,65 km. Adapun proyek yang diinisiasi JSMR dan PT Daya Mulia Turangga ini memiliki nilai investasi sebesar Rp 57,59 triliun.

Berdasarkan catatan kontan.co.id, sepanjang 2019 JSMR mencatatkan telah mengoperasikan enam ruas jalan tol baru sepanjang 161,58 km. Sehingga, total ruas tol yang berhasil dioperasikan perusahaan mencapai 1.162 km atau tumbuh dua kali lipat dari tahun 2016.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×