kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Rumah kisaran Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar akan jadi primadona tahun ini


Rabu, 15 Januari 2020 / 16:28 WIB
Rumah kisaran Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar akan jadi primadona tahun ini
ILUSTRASI. Petugas pemasaran menawarkan produk rumah tapak atau landed house di gerai Adhi Persada Properti saat pameran properti di Jakarta, Kamis (1/8). PT Adhi Persada Properti (APP) berharap proyek rumah tapak mampu berkontribusi 15% dari target marketing sales.

Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun 2020 akan diwarnai dominasi penjualan rumah kelas menengah dengan kisaran harga Rp 300 juta hingga Rp 1 miliar. Komposisinya sekitar 54,97 % dari total penjualan.

Rinciannya, 24,27 % dikuasai rumah dengan harga serentang Rp 300 juta-Rp 500 juta, dan rumah Rp 500 juta-Rp 1 miliar dengan porsi 30,27 %.

"Primadona 2020 lebih ke rumah landed  dengan harga di bawah Rp 1 miliar," Direktur Eksekutif Indonesia Property (IPW) Watch Ali Tranghanda, Senin (13/1).

Baca Juga: Tahun 2020, ada tiga mal baru di Surabaya siap dibuka

Kemudian tren penjualan rumah di kisaran harga lebih dari Rp 1 miliar mencapai 10,09 %. Sedangkan tren penjualan hunian murah dengan harga di bawah Rp 300 juta sekitar 35,37 %.

Menurut Ali, penyebab pasar hunian kelas menengah mendominasi penjualan adalah karena pasar kelas menengah atas sudah jenuh. Sejak tahun 2009, mayoritas pengembang menyasar segmen kelas menengah atas dengan profil konsumen kebanyakan investor.

Berbeda dengan profil konsumen kelas menengah yang sebagain besar merupakan end user atau pengguna akhir.

"Semua pengembang masuk kelas Rp 2 miliar-Rp 3 miliar, tapi yang beli investor. Sekarang dengan harga properti yang terlalu tinggi pasarnya bergerak ke end user," ucap Ali.

Baca Juga: YLKI: Soal pembangunan mangkrak, kasus Meikarta paling banyak diadukan konsumen

Kemudian untuk pasar apartemen, yang akan mendominasi adalah kelas bawah dengan rentang harga Rp 300 juta-Rp 500 juta.

Selain itu, pasar kelas bawah masih memiliki potensi besar. Tetapi Ali mengingatkan, segmen ini masih rentan terhadap perubahan kebijakan. (Rosiana Haryanti)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rumah Rp 300 Juta-Rp 1 Miliar Paling Laku ",

 




TERBARU

Close [X]
×