kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Sah, Medco rampungkan akuisisi Ophir Energy plc


Rabu, 22 Mei 2019 / 12:19 WIB

Sah, Medco rampungkan akuisisi Ophir Energy plc


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) telah merampungkan akuisisi terhadap Ophir Energy plc pada 22 Mei 2019 yang telah dicanangkan sejak beberapa waktu lalu.

Berdasarkan siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Medco menyelesaikan akuisisi terhadap seluruh penawaran tunai yang direkomendasikan dengan nilai sebesar £ 408,4 juta.


Akuisisi Ophir diklaim dapat meningkatkan portofolio Medco Energi dan semakin memantapkan posisi perseroan sebagai perusahaan minyak dan gas bumi. Selain itu, perseroan memproyeksikan kenaikan produksi di 2019 sebesar 29% atau 110 mboepd. 

Peningkatan juga terjadi pada cadangan 2P dan 2C sebesar 86% atau menjadi 1.439 MMboe. Sekedar informasi, pada akhir tahun 2018, total cadangan 2P kedua perusahaan sebesar 351,8 MMboe dan total cadangan 2C sebesar 1.087,2 MMboe.

Presiden Direktur Medco Energi Hilmi Panigoro bilang akuisisi Ophir akan mengerek posisi perseroan dalam industri minyak dan gas bumi di Asia Tenggara. 

"Akuisisi ini memperkuat lagi strategi perseroan yang memperluas kehadiran Medco Energi secara selektif dan ini akan menciptakan nilai bagi semua pemangku kepentingan," ujar Hilmi.

Asal tahu saja, Medco Energi merilis panduan operasional 2019 dimana proyeksi biaya tunai per unit untuk minyak dan gas bumi akan dipertahankan di bawah US$ 10 per barel oil equivalent (boe). 

Medco Power Indonesia juga akan menghasilkan penjualan daya sebesar 2,85 ribu GWh. Perseroan menyiapkan pro-forma belanja modal maksimum US$ 400 juta. Perseroan juga memproyeksikan target hutang bersih terhadap EBITDA tetap 3,0x atau lebih rendah pada harga pertengahan siklus.


Reporter: Filemon Agung
Editor: Tendi

Video Pilihan


Close [X]
×