Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah sempat mengeluhkan kegagalan saat melakukan top up saldo, sejumlah pengguna dompet digital GoPay menyampaikan bahwa dana mereka akhirnya masuk ke akun pada Senin (4/8/2025) sore.
Laporan keluhan mulai bermunculan sejak Senin siang, di mana sejumlah pengguna mengalami saldo rekening yang terpotong namun tidak tercermin di akun GoPay mereka.
Salah satu pengguna, Martin (26), mengonfirmasi bahwa saldo miliknya telah kembali dan masuk ke akun GoPay sekitar pukul 15.30 WIB.
“Dana udah masuk. Sekitar jam 15.30. Aman, tidak ada saldo yang terpotong,” kata Martin kepada Kompas.com.
Baca Juga: Permudah Penumpang, Tiket Transjakarta Kini Bisa Dibayar Pakai GoPay
Sebelumnya, Martin mengalami kegagalan top up sebanyak dua kali, yakni Rp 200.000 pada pukul 12.40 WIB dan Rp 100.000 pada pukul 12.30 WIB, yang sempat membuatnya kesulitan memesan layanan transportasi online.
“Imbas error, gue gak bisa naik Gojek dari stasiun ke kantor. Error-nya di jam makan siang, pasti banyak yang kesusahan,” ungkapnya.
Pengguna lainnya, Ayska (17), juga mengonfirmasi bahwa saldo GoPay miliknya yang sempat tertunda akhirnya masuk sekitar pukul 15.15 WIB, setelah sebelumnya terpotong dari rekening pada pukul 13.50 WIB.
“Top up Rp 500.000 jam 13.50. Saldo rekening langsung terpotong dan ada notifikasi dana masuk ke GoPay, tapi saldo nggak bertambah. Akhirnya jam 15.15 baru masuk,” jelas Ayska.
“Saldonya buat keperluan pribadi, bayar-bayar beli makan misalnya. Cuma harus menunggu aja sih, kebetulan bisa ditunggu,” lanjutnya.
Pernyataan Resmi GoTo
Menanggapi banyaknya laporan dari pengguna, Head of Corporate Communications GoTo Financial, Audrey Petriny, membenarkan bahwa memang terjadi gangguan teknis yang berdampak pada sebagian pengguna GoPay.
“Kami menginformasikan bahwa saat ini sedang terjadi gangguan, di mana beberapa pengguna mengalami saldo tidak ter-update setelah melakukan top up atau transfer,” kata Audrey dalam keterangan tertulis kepada Kompas.com, Senin (4/8/2025).
Audrey menegaskan bahwa dana pengguna tetap aman dan tidak hilang.
Ia juga menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi dan memastikan bahwa tim teknis sedang bekerja untuk memperbaiki layanan.
“Kami pastikan saldo pengguna aman dan tidak hilang. Tim kami tengah bekerja untuk segera mengatasi masalah ini dan memulihkan layanan secepat mungkin,” tambahnya.
Audrey juga mengimbau agar pengguna hanya menggunakan kanal resmi GoPay jika membutuhkan bantuan lanjutan.
Pengguna bisa mengakses Halaman Bantuan di aplikasi GoPay atau mengirim email ke customerservice@gopay.co.id.
Audrey juga mengingatkan masyarakat agar waspada terhadap potensi penipuan yang mengatasnamakan GoPay di tengah situasi gangguan sistem.
Layanan Top Up Mulai Normal Kembali
Meskipun sebagian pengguna telah menyatakan saldo mereka sudah masuk, di platform media sosial X, masih ada keluhan serupa yang beredar.
Namun, berdasarkan pengecekan tim Kompas.com serta beberapa laporan terbaru, layanan top up GoPay mulai kembali normal secara bertahap pada Senin sore.
Sementara itu, dari laman resmi GoPay, pengguna yang mengalami keterlambatan top up disarankan untuk:
- Memastikan nomor tujuan sudah benar
- Memeriksa halaman “Riwayat Transaksi”
- Memastikan saldo tidak melebihi batas maksimal
- Menutup dan membuka kembali aplikasi GoPay
- Menunggu maksimal 2x24 jam hari kerja jika saldo belum masuk
Selanjutnya: Putar Suara Alam atau Burung di Restoran Tetap Kena Royalti, Ini Penjelasan LMKN
Menarik Dibaca: Jelang Maybank Marathon, Latihan dan Edukasi Wajib Diperhatikan Pelari
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News