kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Hari Penyandang Disabilitas,Burger King Indonesia gaet lebih dari 100 kru tuli


Kamis, 03 Desember 2020 / 12:19 WIB
Sambut Hari Penyandang Disabilitas,Burger King Indonesia gaet lebih dari 100 kru tuli
ILUSTRASI. Gerai Burger King Indonesia


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Hingga tahun 2020, gerai restoran Burger King Indonesia tercatat telah mempekerjakan lebih dari 100 anggota kru tuli di seluruh toko di Bali, Makassar, dan Jakarta.

“Kami memulai proses perekrutan menjelang akhir 2018 – yang menuntut kami untuk membangun prosedur ketenagakerjaan dan pelatihan dari awal, serta kami telah belajar banyak selama proses tersebut. Kami memahami bahwa bisnis mungkin memiliki beberapa pertimbangan sebelum melakukan perjalanan ini, seperti yang terjadi pada kami di awal,” tutur Frida Marpaung, Head of HR &CSR di Burger King Indonesia dalam keterangan resmi yang diterima Kontan.co.id, Kamis (3/12).

Vaibhav Punj CEO Burger King Indonesia menambahkan, dalam survei kepuasan tamu, pihaknya menemukan bahwa toko khusus yang memperkerjakan pekerja disanilitas, bekerja lebih baik secara signifikan. Hal ini tercetak pada kepuasan tamu yang datang.

Dia menambahkan, Burger King akan lebih luas memberikan panduan yang jelas tentang mempekerjakan orang dengan disabilitas, terutama kepada rantai ritel makanan dan minuman di Indonesia.

Setidaknya ada empat langkah utama yang diperhatikan dalam mempekerjakan disabilitas. Yakni mencari tahu tentang berbagai jenis disabilitas, memahami kebutuhan organisasi dan perusahaan, menjangkau pihak-pihak terpilih yang dapat membantu dalam perekrutan hingga pelatihan, serta kontak LSM dan pemangku kepentingan yang mendukung orang orang dengan disabilitas.

"Yang ingin ditekankan adalah, bagaimana mereka tidak berbeda dari orang lain," ujarnya.

Aksi ini, dilakukan oleh Burger King Indonesia melalui kampanye #SunyiBersuara sebagai insiatif bagi perusahaan dan individu untuk menyuarakan suara bisu.

Kampanye ini juga secara strategis diluncurkan bersamaan dengan Hari Penyandang Disabilitas Internasional ILO yang jatuh pada tanggal 3 Desember. Burger King sendiri adalah anggota kunci dari Jaringan Disabilitas Bisnis Internasional (IBDN) ILO.

“Membangun masa depan yang lebih baik dan masyarakat inklusif, bergantung pada tindakan kita hari ini. Jaringan kerja bisnis dan disabilitas di Indonesia adalah sekelompok perusahaan yang memiliki kesamaan pikiran guna mempromosikan ketenagakerjaan penyandang disabilitas,” tutur Kazutoshi Chatani Employment specialist di ILO.

Tak hanya itu, sebagai tanggapan untuk mendukung gerakan ini, perusahaan juga telah mulai mengubah logo dalam bahasa isyarat di seluruh aset mereknya.

"Saat kami bertransisi ke kondisi normal baru, kami ingin menjadikan perekrutan tenaga kerja dengan disabilitas di tempat kerja secara setara dan menjadikannya kebiasaan serta kami mencari dukungan dari mitra makanan dan minuman kami di seluruh Indonesia, agar secara bersama – sama dapat menciptakan sebuah dampak besar,” tutup Vaibhav Punj.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×