kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sambut Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison Tingkatkan Kapasitas Data 30%


Kamis, 21 April 2022 / 01:15 WIB
Sambut Lebaran, Indosat Ooredoo Hutchison Tingkatkan Kapasitas Data 30%


Reporter: Nur Qolbi | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Indosat Ooredoo Hutchison (IOH) menyatakan kesiapannya untuk menghadapi masa libur Lebaran tahun ini. IOH telah menyiapkan kapasitas data sekitar 30% untuk lonjakan traffic per hari dibandingkan dengan tahun lalu.

Kenaikan traffic data tersebut diprediksi berasal dari peningkatan penggunaan aplikasi berbasis video dan pengiriman pesan, seperti YouTube, TikTok, Instagram, Facebook, dan WhatsApp. IOH mengantisipasi peningkatan traffic data tertinggi di Bogor, Tangerang, Bekasi (Botabek), Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison Desmond Cheung menyampaikan, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan pada 300 titik pusat keramaian di seluruh Tanah Air. Sebut saja di destinasi wisata, pusat perbelanjaan, masjid, tempat peristirahatan, bandara, stasiun, terminal, dan pelabuhan.

Baca Juga: Saham Telekomunikasi Nyaring Jelang Lebaran

Sebagai upaya mengantisipasi mobilitas pelanggan ke kampung halaman, IOH juga melakukan optimalisasi jaringan di beberapa rute mudik, seperti antara Jakarta dan Surabaya. "Dengan jaringan IOH yang terintegrasi, pelanggan IM3 maupun Tri akan mendapatkan pengalaman telekomunikasi digital yang lebih baik," kata Desmond dalam keterangan tertulisnya, Rabu (20/4).

IOH juga mengoperasikan command center fisik terpusat sejak H-3 Lebaran. Dengan dukungan lebih dari 2.000 petugas teknis yang bersiaga sepanjang waktu, tim IOH Network Operation Center (INOC) dan IOH Service Operation Center (ISOC) akan memantau ketersediaan dan kualitas jaringan secara nasional selama 24/7.

Layanan pelanggan melalui berbagai saluran juga disiagakan untuk memberikan dukungan atas kendala yang mungkin dialami pelanggan selama masa liburan.

Integrasi jaringan

Perusahaan hasil merger antara PT Indosat Tbk dengan PT Hutchison 3 Indonesia ini telah melakukan integrasi jaringan secara bertahap sejak resmi beroperasi pada awal Januari 2022. IOH langsung melakukan pilot project pengintegrasian jaringan dengan teknologi Multi Operator Core Network (MOCN).

Baca Juga: Pasar smartphone di Indonesia Diperkirakan akan Mencapai 44 Juta Unit pada 2022

Menurut Desmond, integrasi memberikan peningkatan layanan indoor coverage dan penambahan kapasitas dengan pemanfaatan kerapatan sites dan lebar pita dari jaringan sebelumnya. "Hal itu bertujuan agar kami dapat segera mewujudkan layanan telekomunikasi digital berkelas dunia dengan kecepatan dan jangkauan jaringan yang lebih baik kepada pelanggan," ungkap Desmond.

Pada akhir tahun 2022, IOH menargetkan untuk bisa mengintegrasikan lebih dari 43 ribu sites. IOH juga akan menambahkan lebih dari 11 ribu sites baru di beberapa tahun mendatang untuk memperluas jaringannya dan meningkatkan pengalaman pelanggan IM3 maupun Tri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×