kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45861,31   -4,94   -0.57%
  • EMAS918.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.42%
  • RD.CAMPURAN -0.06%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.04%

Sambut teknologi 5G, begini persiapan Solusi Tunas Pratama (SUPR)


Kamis, 03 Juni 2021 / 19:41 WIB
Sambut teknologi 5G, begini persiapan Solusi Tunas Pratama (SUPR)
Direktur Utama PT Solusi Tunas Pratama Tbk Nobel Tanihaha (kanan) berbincang dengan Komisaris dan Direksi usai RUPS dan paparan public di Jakarta, Kamis (3/6).

Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten menara telekomunikasi, PT Solusi Tunas Pratama Tbk (SUPR) tidak memiliki persiapan khusus dan spesifik dalam menyambut penggunaan teknologi 5G.

Direktur Utama SUPR Novel Tanihaha mengatakan, hingga saat ini pihaknya masih belum mengetahui dengan pasti frekuensi mana yang akan digunakan pemerintah sebagai jalur 5G nantinya.

"Mestinya tower-tower yang kami miliki saat ini pun sudah bisa dipakai untuk 5G, sehingga tidak perlu mempersiapkan secara spesifik. Kami juga punya fiber optik dan sudah menghubungkan beberapa tower dengan fiber optik," ujarnya saat paparan publik yang berlangsung virtual, Kamis (3/6).

Baca Juga: Terbitkan saham dan obligasi, Solusi Tunas Pratama (SUPR) membidik dana Rp 22 triliun

Sebagai informasi, sepanjang 2020 SUPR telah membangun sepanjang 6.277 km jaringan finer optik. Tahun ini, SUPR akan menambah lagi 3.000 km jaringan fiber optik. Hingga akhir 2020, SUPR telah memiliki site tower total 6.422 menara atau meningkat 0,6% dari 6.384 menara di tahun 2019.

Novel mengatakan, persiapan teknologi 5G tersebut juga perlu menyesuaikan dengan permintaan pelanggan, yakni Telkomsel, XL Axiata, Indosat Ooredoo, hingga Hutchison 3 Indonesia.

"Saya rasa ke depannya, operator yang sudah memiliki cakupan coverage luas seperti Telkomsel akan lebih bergerak ke arah diversifikasi. Sedangkan bagi lainnya, masih perlu mengejar coverage Telkomsel, maka dari itu perlu melihat bagaimana kerjasama antara Hutchison 3 dan Indosat nantinya dalam mengejar cakupan coverage," kata Novel.

 

Selanjutnya: Solusi Tunas Pratama (SUPR) bakal terbitkan obligasi Rp 13,64 triliun

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Bongkar Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing

[X]
×