kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45889,80   -6,05   -0.68%
  • EMAS1.327.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sandiaga Uno: Momen Lebaran Dorong Perputaran Ekonomi Parekraf Hingga Rp 400 Triliun


Selasa, 16 April 2024 / 14:05 WIB
Sandiaga Uno: Momen Lebaran Dorong Perputaran Ekonomi Parekraf Hingga Rp 400 Triliun
ILUSTRASI. Sejumlah pengunjung berwisata di kompleks Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur, Magelang, Jateng, Jumat (29/4/2022). Sandiaga Uno: Momen Lebaran Dorong Perputaran Ekonomi Parekraf Hingga Rp 400 Triliun.


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan adanya tren peningkatan potensi pergerakan masyarakat selama mudik lebaran 2024. 

Menurut Sandiaga, pergerakan masyarakat di libur lebaran tahun ini diperkirakan mencapai 193,6 juta orang. Angka ini meningkat dibandingkan pada masa lebaran tahun lalu sebesar 123,8 juta orang. 

"Peningkatan pergerakan masyarakat untuk berwisata di momen Lebaran 2024 juga ditopang oleh sejumlah faktor lainnya. Yakni libur cuti bersama yang lebih panjang dibandingkan tahun 2023 serta kebijakan izin pengambilan cuti tahunan bagi ASN untuk libur lebaran 2024," katanya dalam rilis yang dikutip KONTAN, Selasa (16/4). 

Baca Juga: Sandiaga: Kendaraan Melintas Jalur Puncak Bisa 4 Kali Lipat pada Musim Mudik Lebaran

Kemenparekraf telah melakukan kajian yang memproyeksikan perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif akan mencapai Rp 276,11 triliun. 

"Tapi ini naiknya hampir 50% (proyeksi pergerakan masyarakat) dibandingkan tahun lalu, jadi saya memprediksi angka perputaran ekonomi yang lebih tinggi lagi yaitu sekitar Rp 350 triliun sampai Rp 400 triliun," kata Sandiaga. 

Ia memastikan angka yang besar tersebut akan mengalir ke pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif secara langsung di berbagai daerah tanah air. Ini menjadi berkah yang akan mendorong peningkatan ekonomi serta terciptanya peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. 

"Limpahannya akan ke destinasi-destinasi wisata, juga ke sentra ekonomi kreatif. Termasuk ke pelaku UMKM serta desa wisata. Jadi, mari kita sama-sama menyiapkan agar pariwisata yang aman dan nyaman serta menyenangkan ini bisa kita wujudkan saat lebaran," ujar Sandiaga. 

Baca Juga: Destinasi Wisata di Indonesia Siap Menyambut Libur Lebaran

Berdasarkan monitoring yang dilakukan Kemenparekraf, terpantau kunjungan wisatawan ke sejumlah destinasi di libur lebaran terus meningkat.

Seperti di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) yang jumlah kunjungannya mencapai 12.000 pada satu hari setelah lebaran. Jumlahnya diperkirakan akan terus meningkat di hari-hari berikutnya. 




TERBARU

[X]
×