kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,12   -12,06   -1.36%
  • EMAS1.329.000 -0,67%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Satu Akun Whatsapp Bisa Dipakai di Empat Ponsel Sekaligus


Selasa, 25 April 2023 / 23:38 WIB
Satu Akun Whatsapp Bisa Dipakai di Empat Ponsel Sekaligus
ILUSTRASI. Cara mengenali nomor WhatsApp palsu agar terhindar dari penipuan.


Reporter: Barly Haliem | Editor: Sandy Baskoro

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kabar baru bagi pengguna layanan aplikasi perpesanan Whatsapp. Mulai hari ini, Selasa (25/4/2023) satu nomor akun Whatsapp bisa digunakan di empat telepon seluler (ponsel) sekaligus.

Fitur baru tersebut diumumkan langsung oleh Mark Zuckerberg, pemilik Facebook Inc yang merupakan induk usaha Whatsapp, melalui akun Facebook dan Instagram miliknya. 

“Mulai hari ini, Anda dapat masuk ke akun Whatsapp yang sama hingga empat ponsel,” kata Zuckerberg di akun Facebook resmi miliknya, Selasa (25/4).
Whatsapp menyatakan bahwa fitur ini diluncurkan ke semua pengguna dalam beberapa minggu mendatang.

Baca Juga: Inilah Fitur Baru Whatsapp, Pertahankan di Chat, Apa Kegunaannya?

Selama ini, satu akun Whatsapp hanya bisa digunakan di satu ponsel dan beberapa perangkat desktop dan laptop. 

Melalui peluncuran fitur baru ini, pesan pengguna akan disinkronkan di seluruh perangkat termasuk ke sejumlah ponsel lain. Alhasil, kendati satu ponsel dimatikan, pengguna Whatsapp dapat mengakses aplikasi tersebut di ponsel maupun perangkat lain.

Sebagai catatan, Whatsapp adalah salah satu layanan perpesanan terbesar di dunia. Kini, aplikasi di bawah Grup Meta (nama baru Facebook) mengklaim bahwa Whatsapp digunakan oleh lebih dari 2 miliar pengguna. 

Baca Juga: Aktivitas Digital Pelanggan di Ramadan & Idulfitri Dorong Pertumbuhan Telkomsel 11,7%

Namun demikian, selama ini akun Whatsapp hanya bisa digunakan di satu ponsel karena fitur keamanan enkripsi ujung-ke-ujung (end-to-end encryption) tak mendukung pada penggunaan lebih dari satu ponsel. 

Menurut situs techcrunch.com, Whatsapp mulai menguji coba kompatibilitas multi-perangkat pada tahun 2021 dalam versi beta. Uji coba tersebut bertujuan untuk  menyinkronkan pesan antar perangkat dengan tetap menjaga perlindungan end-to-end encryption. 

Mulai tahun 2022, Whatsapp menyediakan fitur penggunaan satu akun untuk multi-perangkat untuk semua orang. Tapi fitur ini belum memungkinkan satu akun bisa digunakan di banyak ponsel, hingga Zuckerberg mengumumkannya pada 25 April 2023 ini.

Baca Juga: Yang Baru di WhatsApp! Inilah Penjelasan Fitur Pertahankan di Chat dan Cara Kerjanya

Pesaing Whatsapp, seperti Telegram dan Messenger, sebenarnya sudah menawarkan layanan sinkronisasi multi-perangkat untuk pesan. Namun mereka tidak memiliki dukungan untuk enkripsi end-to-end.

Whatsapp juga meluncurkan cara baru untuk menautkan perangkat menggunakan kode satu kali.

“Kini Anda bisa mendapatkan kode sekali pakai dengan memasukkan nomor ponsel Anda di Whatsapp Web, yang dapat Anda gunakan untuk menautkan perangkat, alih-alih memindai kode QR di ponsel Anda. Kami akan membuat fitur ini tersedia untuk lebih banyak perangkat yang ditautkan akun Anda di masa mendatang,” tulis perusahaan itu dalam posting blog seperti dikutip oleh techcrunch.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×