kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Schneider paparkan 4 hal penting sistem keamanan siber di jaringan edge computing


Minggu, 25 Juli 2021 / 16:21 WIB
Schneider paparkan 4 hal penting sistem keamanan siber di jaringan edge computing
ILUSTRASI. Schneider Electric, perusahaan global dalam transformasi digital di pengelolaan energi dan otomasi industri,


Reporter: Ridwan Nanda Mulyana | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Schneider Electric menyampaikan bahwa akselerasi penerapan Edge Computing perlu dibarengi dengan strategi keamanan siber.

Adapun mitigasi strategi keamanan siber perlu memperhatikan empat faktor penting yaitu kriteria pemilihan perangkat, desain jaringan yang aman, pengaturan atau konfigurasi perangkat, serta pengoperasian dan pemeliharaan.

Business Vice President Secure Power Schneider Electric Indonesia & Timor Leste Yana Achmad Haikal menyampaikan, penerapan teknologi Edge Computing saat ini tidak lagi hanya sekadar sebuah hype, namun merupakan sebuah kebutuhan.

Merujuk Forrester, 2021 merupakan tahun Edge Computing, yang mana akan terjadi peralihan dari sebuah eksperimen menjadi suatu penerapan massal.

Baca Juga: Schneider Electric luncurkan kampanye RumahAdalah dengan produk saklar AvatarOn

Hanya saja, masih banyak kekhawatiran dari pelaku bisnis dalam penerapan Edge Computing terutama terkait keamanan. Mengingat konsep edge ini menawarkan desentralisasi jaringan perangkat Teknologi Informasi (TI) di lokasi paling akhir yang tidak dikondisikan secara ideal layaknya data center terpusat dengan kondisi lingkungan dan sistem keamanan terbaik untuk perangkat TI.

"Hal ini lah yang sering menjadi alasan lambatnya pengadopsian Edge Computing oleh suatu organisasi. Oleh karena itu, membangun mitigasi sistem keamanan di jaringan Edge Computing adalah hal krusial," ungkap Yana dalam keterangan tertulis yang dikutip Kontan.co.id, Minggu (25/7).

Paling tidak terdapat empat faktor penting yang perlu diperhatikan ketika membangun sistem keamanan untuk Edge Computing, yaitu:

1. Kriteria Pemilihan Perangkat

Kekhawatiran paling umum terhadap perangkat berbasis Internet of Things (IoT) adalah bahwa mereka dapat menjadi celah yang berpotensi terjadinya serangan siber ke jaringan Edge. Oleh karena itu, penting untuk mempertimbangkan dua standarisasi saat memilih perangkat.

Pertama adalah apakah perangkat IoT memiliki Security Development Lifecycle (SDL) yang diimplementasikan dengan baik. SDL adalah sebuah konsep yang diperkenalkan oleh Microsoft yang mempertimbangkan masalah keamanan dan privasi di seluruh proses pengembangan perangkat lunak.

Kedua adalah standar IEC 62443, standar yang diterima secara internasional yang menetapkan persyaratan proses untuk pengembangan produk yang aman yang digunakan dalam otomasi industri dan sistem kontrol serta aplikasi Edge IT.

Baca Juga: Schneider Electric Manufacturing Batam masuk global lighthouse network




TERBARU

[X]
×