kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45906,29   2,96   0.33%
  • EMAS1.310.000 -0,23%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sebanyak 1.000 nelayan Jeneponto mendapat konventer kit BBM elpiji dari Pertamina


Minggu, 28 Oktober 2018 / 09:52 WIB
Sebanyak 1.000 nelayan Jeneponto mendapat konventer kit BBM elpiji dari Pertamina
ILUSTRASI. PROGRAM KONVERSI BBM ke BBG Nelayan


Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyerahkan 1.000 paket konverter kit BBM ke Elpiji ke para nelayan di Kabupaten Jeneponto, Jumat (26/10).

Ego Syahrial, Sekretaris Jenderal Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral mengatakan pemerataan pembangunan melalui bantuan langsung konverter kit untuk nelayan kecil dari Kementerian ESDM mengacu pada prinsip keadilan sosial, pertumbuhan ekonomi dan keberlanjutan lingkungan.

"Kami menyadari kontribusi nelayan skala kecil sangat besar dalam produksi perikanan tangkap, namun nelayan skala kecil masih diidentikkan dengan kemiskinan," kata Ego, Sabtu (27/10) dalam keterangan pers.

Ego bilang, dengan semakin bertambahnya nelayan kecil yang menerima bantuan konverter kit ini, diharapkan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan keluarga nelayan, melainkan juga menggerakan roda perekonomian di Kabupaten Jeneponto.

Dalam pembagian setiap paket perdana konverter kit BBM ke elpiji ini terdiri atas beberapa komponen, yaitu mesin penggerak, konverter kit, dua tabung LPG 3 Kg dan isi, long tail, aksesoris pendukung lainnya.

Nelayan yang mendapatkan paket konverter kit adalah mereka yang memiliki kapal ukuran di bawah 5 Gross Tonnage (GT), berbahan bakar bensin atau solar dan memiliki daya mesin di bawah 13 Horse Power (HP).

General Manager Pertamina MOR VII Tengku Fernanda mengatakan pihaknya akan memastikan ketersediaan elpiji bagi nelayan. Saat ini untuk suplai pasokan Elpiji 3 Kg subsidi bagi nelayan di Kabupaten Jeneponto dilayani oleh dua agen dan lima pangkalan. Khusus untuk melayani nelayan di Kabupaten Jeneponto, akan didirikan 8 pangkalan elpiji baru.

"Adapun kebutuhan Elpiji 3 kg per bulan bagi nelayan Jeneponto diperkirakan mencapai sekitar 8.000 tabung," kata Tengku

Dengan pembagian konverter kit di Jeneponto, total sebanyak 3.516 konverter kit telah diserahkan kepada nelayan di Sulawesi pada 2018.

Sebelumnya di Minahasa Utara telah diserahkan 1.000 paket konverter kit, 563 paket untuk nelayan di Kabupaten Banggai dan 953 paket untuk nelayan di Kabupaten Takalar. Tahun lalu, 371 nelayan di Kabupaten Jeneponto juga telah mendapatkan bantuan konverter kit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×