kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sederet pemain manufaktur masih yakin bisa menggali pasar ekspor ke Amerika


Sabtu, 09 Januari 2021 / 06:30 WIB
Sederet pemain manufaktur masih yakin bisa menggali pasar ekspor ke Amerika


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejumlah emiten manufaktur optimistis menggali pasar ekspor ke Amerika Serikat di sepanjang tahun ini. Alasannya karena potensi bisnis ke AS yang menjanjikan. 

Sekretaris Perusahaan PT Gajah Tunggal Tbk (GJTL), Kisyuwono mengatakan sampai dengan saat ini perusahaan tidak mengalami hambatan terkait dinamika politik yang terjadi di Amerika Serikat. 

"Secara umum, ekspor Gajah Tunggal ke Amerika tidak terganggu dan terus menargetkan adanya pertumbuhan ekspor," jelasnya kepada Kontan.co.id, Jumat (8/1). 

Baca Juga: Bumi Resources (BUMI) bayar bunga pinjaman senilai US$ 3,2 juta

Bahkan, Gajah Tunggal melihat prospek bisnis ban ke Amerika masih cukup baik dengan adanya bea masuk antidumping yang mulai diterapkan Pemerintah Amerika Serikat atas produk ban dari Taiwan,  Vietnam, Thailand dan Korea Selatan.

Adapun di tahun ini, selain fokus pada ekspor ban ke Amerika, Gajah Tunggal juga mengakui akan meningkatkan penjualan ke negara-negara tujuan ekspor yang sudah ada. 

Melansir hasil paparan publik (28/12), Gajah Tunggal  menganggarkan belanja modal hingga dua kali lipat dengan fokus pada kegiatan perawatan atau peremajaan mesin-mesin dan bottlenecking

Begitu juga dengan emiten kayu berorientasi ekspor PT Integra Indocabinet Tbk (WOOD) yang menilai masih banyak ruang untuk ekspansi bisnis di Negeri Paman Sam. 

Corporate Secretary & Head of Investor Relations Integra Indocabinet Wendy Chandra menjelaskan kondisi kerusuhan di Capitol Hill saat ini sejauh ini tidak ada pengaruh terhadap ekspor Perseroan dan WOOD juga melihat tidak ada pengaruh ke depannya. 

Baca Juga: Sempat rusuh, Pelaku Industri: Ekspor ke AS tetap lancar

"Tahun 2021, perseroan akan terus fokus dan meningkatkan ekspor terutama ke pasar AS yang merupakan importir furniture dan building component terbesar di dunia," jelasnya. 

Hingga saat ini, Wendy mengungkapkan banyak permintaan pasar AS yang terus masuk ke WOOD yang merupakan peralihan dari China.




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×