kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.326.000 1,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama Idul Fitri akan ada 4 miliar SMS


Rabu, 15 Agustus 2012 / 19:45 WIB
Selama Idul Fitri akan ada 4 miliar SMS
ILUSTRASI. Inilah daftar gaji PNS dan PPPK 2021, ketahui sebelum daftar di seleksi CPNS


Reporter: Arif Wicaksono | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) memperkirakan akan terjadi lonjakan traffic telekomunikasi cukup signifikan selama momen perayaan hari raya Idul Fitri. Untuk layanan short message service(SMS) secara total diperkirakan akan mencapai trafik layanan sebanyak empat miliar SMS di seluruh operator telekomunikasi.

Gatot S Dewabroto Kepala Pusat Informasi dan Humas (PIH) Kemenkominfo menuturkan, pada saat Lebaran (H-1 hingga H+1) akan terjadi lonjakan trafik layanan SMS sekitar 20%-30% menjadi empat miliar SMS. “Kepada seluruh penyelenggara telekomunikasi sudah diingatkan untuk menyediakan kapasitas bandwidth yang berlebih guna mengantisipasi lonjakan trafik,” ungkapnya melalui siaran pers yang diterima Kontan, Rabu (15/8).

Menurut Gatot, layanan pesan tersebut belum termasuk yang dikirimkan melalui layanan MMS , BBM, dan WhatsApp Messenger yang cenderung meningkat hingga 270% dibandingkan hari biasa.

Sedangkan untuk layanan suara, diperkirakan secara total akan berlangsung pembicaraan hingga 2,49 miliar menit selama momen idul fitri. Angka ini meningkat sekitar rata-rata 35% jika dibandingkan kondisi normal.

Gatot mengatakan, untuk layanan data akan mengalami kenaikan hingga sekitar 238 terabytes atau naik 25%-33% jika dibandingkan kondisi normal. “Peningkatan layanan data didukung oleh penggunaan media sosial melalui internet oleh pelanggan,” ungkapnya.

Gatot menjelaskan, pemerintah akan menyampaikan surat peringatan pertama sesuai peraturan yang ada jika ada pelanggaran dari operator yang meresahkan banyak pelanggan. “Setiap operator telekomunikasi diminta untuk menyiagakan call center atau contact center secara aktif,” ujarnya.

Sebelumnya, PT Telekomunikasi Seluler (Telkomsel) telah bersiap diri mengantisipasi kenaikan trafik layanan selama bulan Ramadan. Sampai momen Ramadan ini, Telkomsel telah menambah sekitar 3.500 Base Transceiver Station (BTS) 3G dan 4.600 BTS 2G di seluruh Indonesia.

Hendry Mulya Syam Head of Network Services and Quality Group Telkomsel menuturkan, langkah ini sebagai antisipasi kemungkinan peningkatan trafik pada masa Lebaran sebesar 30%. "Kami telah siap melayani lonjakan trafik khususnya menjelang Lebaran dan pada hari "H" Lebaran," ujarnya.

Pada saat hari normal, trafik SMS Telkomsel mencapai 890 juta SMS, trafik suara sebesar 1,08 miliar menit, dan data 130 terabyte. Sedangkan proyeksi trafik Lebaran 2012, trafik SMS diperkirakan mencapai 1,3 miliar SMS, suara 1,15 miliar menit, dan data sebesar 160 terabyte.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×