kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,70   -25,03   -2.70%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selama puasa, trafik SMS XL naik paling tinggi


Kamis, 26 Agustus 2010 / 08:04 WIB
Selama puasa, trafik SMS XL naik paling tinggi


Reporter: Gentur Putro Jati |

JAKARTA. Selama bulan puasa ini trafik SMS PT XL Axiata Tbk naik lebih tinggi dibanding trafik percakapan atau data yang digunakan pelanggannya.

Direktur Jaringan XL Dian Siswarini mencatat pada hari biasa jumlah SMS yang dilayangkan pelanggannya sebanyak 470 juta. Pada satu hari sebelum puasa jumlahnya naik 28% menjadi 600 juta, lalu naik lagi menjadi 680 juta pada hari pertama puasa atau naik 45% dibanding kondisi normal.

"Memasuki minggu kedua puasa ini jumlah SMS nya masih tinggi 620 juta atau naik 32% dibanding hari biasa. Kami berkesimpulan pelanggan lebih memilih untuk mengirimkan SMS saja dibanding harus menelpon selama berpuasa," kata Dian, Rabu (25/8) malam.

Bahkan menurutnya, kenaikan penggunaan data masih lebih tinggi dibandingkan percakapan. Sebelum puasa penggunaan data 8,6 Terrabyte (TB), lalu naik 1,2% menjadi 8,7 TB sehari sebelum puasa. Angka tersebut terus naik 13% dibanding hari biasa pada hari pertama puasa menjadi 9,7 TB, lalu pada minggu kedua naik lagi 29% menjadi 11,1 TB.

Sementara percakapan naik lebih sedikit, jika pada kondisi normal jumlahnya mencapai 510 juta menit, pada satu hari sebelum puasa jumlahnya naik menjadi 530 juta menit atau 4%, saat mulai puasa naik 10% menjadi 560 juta menit, dan pada minggu kedua puasa naik 16% menjadi 590 juta menit.

"Sepertinya data itu sudah menjadi tambahan kebutuhan pelanggan biasanya untuk chatting atau BlackBerry Massenger-an. Sementara orang berpuasa semakin malas berbicara menggunakan telepon. Tetapi SMS masih digunakan karena masih banyak teman dari si pelanggan yang belum menggunakan BlackBerry," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×