kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) tingkatkan ekspor vacuum cleaner ke AS


Senin, 21 Juni 2021 / 22:57 WIB
Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) tingkatkan ekspor vacuum cleaner ke AS
ILUSTRASI. Jumpa pers manajemen Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP).


Reporter: Dimas Andi | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Selaras Citra Nusantara Perkasa Tbk (SCNP) tetap produktif dalam kegiatan manufaktur dan bisnis di masa pandemi Covid-19 dan resesi. Tahun 2019, SCNP bersama dengan raksasa elektronik dari China Guangdong Xinbao (Donlim) telah membentuk perusahaan joint venture (JV) berskema penanaman modal asing (PMA) dengan nama PT Selaras Donlim Indonesia (SDI).

Perusahaan ini kemudian menjadi subsidiari SCNP dan menjadi perusahaan Original Equipment Manufacturer (OEM) pertama di Indonesia yang bekerja sama dengan Donlim. Pada awal terbentuknya SDI, objek utama perusahaan adalah memenuhi permintaan vacuum cleaner yang signifikan dari pasar Amerika Serikat (AS).

AS merupakan negara tujuan ekspor utama Indonesia. Perkembangan ekonomi AS sangat menentukan nilai ekspor Indonesia ke sana. Secara umum, setiap 1% peningkatan total ekspor AS, maka terjadi peningkatan 0,7% total ekspor Indonesia ke negara tujuan AS. Artinya, jika pasar negeri Paman Sam berkembang, maka figur ekspor Indonesia juga akan meningkat.

SCNP sangat memahami signifikansi kontribusi ekspor bagi devisa negara dan pertumbuhan ekonomi nasional. Secara global, nilai pasar vacuum cleaner di tahun 2021 mencapai Rp 161 triliun. 

Baca Juga: CFO SCNP masih hati-hati menyikapi kegiatan belajar tatap muka

Dari nilai tersebut, pasar AS untuk produk vacuum cleaner tercatat sebesar Rp 70 triliun atau 43,5% dari total pangsa pasar.

Sepanjang 2020 hingga awal kuartal 2021, SCNP melakukan pengembangan infrastruktur dalam rangka meningkatkan kapasitas produksi perusahaan dan subsidiari, termasuk ekspor untuk memenuhi tuntutan permintaan pasar perangkat home appliances tersebut ke AS.

SCNP gencar melakukan terobosan baik dari sisi suplai pasar maupun dari sisi permintaan. Ekspor ke AS merupakan kontribusi nyata bagi perekonomian Indonesia dengan menambah devisa bagi negara.

Pengembangan infrastruktur dan peningkatan volume ekspor vacuum cleaner semasa pandemi Covid-19 telah menarik perhatian pemerintah terhadap SCNP. "Dalam beberapa sesi pertemuan formal dengan pemerintah, SCNP telah memperoleh apresiasi karena tetap produktif dan kontributif walau perekonomian sedang resesi," ungkap Manajemen SCNP dalam keterangan tertulis, Senin (21/6).

Kegiatan produksi SCNP di bulan Februari 2021 mampu menghasilkan vacuum cleaner sebanyak 25.896 unit dan telah diekspor ke negara tujuan AS. Produksi tersebut kembali meningkat signifikan di bulan Maret 2021 menjadi 40.000 unit.

Hingga akhir tahun 2021, SCNP telah mempersiapkan infrastruktur manufaktur dengan membangun sejumlah assembly line production yang akan dioptimalkan penggunaannya dalam rangka produksi massal vacuum cleaner sebanyak 2,2 juta unit atau setara dengan Rp 800 miliar. Nilai ekspor sebesar ini tentunya akan berdampak positif bagi devisa negara.

Sementara untuk jangka menengah, target volume produksi dan ekspor SCNP mencapai 2—3 juta unit per tahun. Dalam perencanaan bisnis hingga 2025, SCNP menetapkan target nilai omzet perusahaan secara progresif. 

“Selain kontribusi devisa. perusahaan juga akan berkontribusi bagi pasar tenaga kerja domestik dengan membuka lapangan pekerjaan bagi sejumlah 600 orang tenaga kerja lokal,” tulis Manajemen SCNP.

Adapun merek penyedot debu yang diekspor oleh SCNP melalui Selaras Donlim Indonesia adalah Bissel. Bissel Vacuum Cleaner merupakan penyedot debu dan peralatan perawatan lantai asal AS yang salah satu produknya diproduksi di Indonesia.

Baca Juga: Kinerja Selaras Citra Nusantara Perkasa (SCNP) Terganjal Kenaikan Harga Material

Bissel menawarkan beragam pilihan vacuum cleaner, mulai dari vakum tanpa kabel genggam yang dinamis, tegak, kabel besar, dan lain sebagainya .Sebagian besar vacuum cleaner merek Bissel cukup ramah dan menggunakan desain tanpa kantong, sehingga biayanya cenderung cukup rendah. Produk ini tentu dapat dengan mudah membersihkan puing-puing besar.

Bissel menempati posisi ketiga di pasar AS. Bissel dirancang untuk membuat pekerjaan cepat untuk seluruh ruangan dan area yang lebih besar. Bissel memiliki kemampuan pembersihan multi permukaan, vakum hewan peliharaan, vakum tanpa kantong dan kantong, dan opsi Lift-Off 2-in-1. Vacuum cleaner ini pun merupakan pilihan tepat untuk keluarga.

Bissel Vacuum Cleaner telah dipasarkan di Amerika Utara, Amerika Selatan, Asia Pasifik, Timur Tengah, dan Afrika. Produk ini dapat ditemukan di gerai-gerai Walmart.

Selanjutnya: Kuartal I-2021 kinerja SCNP kurang memuaskan, ini penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×