kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semen Baturaja implementasikan ERP berbasis SAP di awal tahun 2019


Kamis, 03 Januari 2019 / 21:45 WIB
Semen Baturaja implementasikan ERP berbasis SAP di awal tahun 2019
ILUSTRASI. Semen Baturaja implementasikan ERP berbasis SAP


Reporter: Willem Kurniawan | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Semen Baturaja Tbk (SMBR) mulai mengimplementasikan sistem enterprise resource planning (ERP) terdepan berbasis system application and product in data processing (SAP). Untuk digitalisasi proses bisnis ini, SMBR bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

Direktur Utama SMBR, Jobi Triananda Hasjim mengemukakan sistem yang digunakan juga banyak diterapkan oleh perusahaan-perusahaan terkemuka di dunia. “Jadi tidak berlebihan jika saya mengatakan SMBR siap menghadapi revolusi industri 4.0 dan menuju perusahaan kelas dunia,” ujarnya, dalam siaran pers, Kamis (3/1).

Jobi bilang, proyek implementasi ERP berbasis SAP di SMBR bernama GADING Project, yang merupakan singkatan dari Great Achievement, Absolute Team Work & Respect, Do your Best, Integration All, Never Give Up, Go Success.

ERP Berbasis SAP ini diterapkan agar manajemen data/informasi menjadi lebih terintegrasi dan teratur. Kerja sama dengan PT Telkom Indonesia, sebagai salah satu bentuk Sinergi antar Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dalam mengimplementasikan sistem ERP berbasis SAP di SMBR.

"Kick off projek ini sendiri telah dilaksanakan pada 12 Februari 2018 yang lalu. Proyek ini menjadi salah satu yang on schedule karena berhasil diselesaikan dalam kurun waktu 10 bulan saja" katanya.

Sebelumnya SMBR juga telah menerapkan sistem ERP yang juga cukup banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Namun setelah dilakukan riset yang lebih mendalam, SMBR memerlukan sebuah sistem ERP yang mampu mengintegrasikan proses bisnis perusahaan yang semakin kompleks.

Sehingga, perlu ditangani dengan bantuan teknologi informasi (TI) yang lebih memadai, terintegrasi dan mutakhir. Sistem informasi yang bisa dipakai untuk menunjang aspek operasional, taktis bahkan strategis.

Selain itu, sistem juga harus mampu menciptakan kemudahan, kecepatan dan kenyamanan bagi mata rantai bisnis di lingkungan perusahaan. Baik bagi pemasok, pelanggan, unit-unit kerja di lingkungan SMBR, serta stakeholder lainnya. “Untuk itulah dipilih ERP berbasis SAP yang dinilai mampu mengakomodir kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Sistem ini diadopsi agar SMBR ke depannya menjadi perusahaan yang mampu bersaing di bisnis global karena memilik tata kelola yang baik, sekaligus memenuhi standar kepatuhan perusahaan.

Saat ini beberapa modul SAP yang telah diterapkan meliputi finance, controlling, fund management, budget planning & consolidation (planning), sales & distribution, material management, production planning & quality management, plant maintenance, human capital management (payroll).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet Managing Customer Expectations and Dealing with Complaints

[X]
×