kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Semester I, Penjualan Motor Suzuki Anjlok 51%


Kamis, 16 Juli 2009 / 06:46 WIB


Sumber: KONTAN |

JAKARTA. Sejumlah kalangan memang memprediksi krisis akan menggerus pasar sepeda motor. Namun, apa yang dialami PT Indomobil Sukses Internasional Tbk, agen tunggal pemegang merek (ATPM) motor Suzuki, sungguh mengejutkan.

Penjualan motor mereka selama semester pertama 2009 hanya mencapai 198.116 unit. Jumlah ini turun 51,12% jika dibandingkan penjualan pada periode yang sama tahun lalu yang masih sebanyak 405.339 unit.

Penurunan itu jauh lebih besar bila dibandingkan penurunan penjualan merek lain. Misalnya penurunan penjualan Astra Honda Motor (AHM), ATPM motor Honda, yang hanya sebesar 17,09% atau penurunan penjualan motor Yamaha yang hanya 4,12% dalam kurun waktu yang sama.

"Ada banyak faktor yang menyebabkan terjadinya koreksi tersebut," kata Edy Darmawan Manager Marketing-Promotion & Dealer Development Suzuki kepada KONTAN kemarin (15/7). Selain daya beli masyarakat yang tergerus krisis, kata Edy, faktor lainnya adalah tingginya suku bunga.

Padahal, "Pembelian motor Suzuki yang memanfaatkan jasa leasing mencapai 90%," imbuhnya. Akibatnya, permintaan pasar pun menurun drastis. "Kondisi ini sudah terasa sejak akhir tahun lalu," katanya.

Menyikapi penurunan itu, kata Edy, Suzuki tengah melakukan evaluasi. "Kami akan melakukan beberapa perubahan fokus bisnis dan mengevaluasi beberapa strategi yang sebelumnya telah kami jalankan," ucap Edy.

Salah satunya adalah dengan fokus menggarap pasar skuter otomatik (skutik). Saat ini Suzuki memiliki tiga varian skutik. "Selain Sky Wave dan Spin, demand Sky Drive nampaknya paling menjanjikan. Ini adalah future market yang akan kami garap lebih serius," tambahnya.

Pergeseran minat pasar ke varian skutik ini juga diamini oleh Honda. "Pasar kini cenderung memilih motor yang mudah dikendarai dan mendukung lifestyle," ujar Julius Aslan, Direktur Pemasaran Astra Honda Motor.

Pada Semester I-2009, Honda masih merajai pasar sepeda motor dengan penjualan 1.165.454 unit. Yamaha menempel ketat dengan penjualan 1.154.241 unit. Adapun Suzuki tertinggal jauh di posisi ketiga dengan hanya membukukan penjualan 198.116 unit.

Dengan menerapkan beberapa perubahan, Edy optimistis, pangsa pasar sepeda motor Suzuki yang saat ini berada di kisaran 8,7%, bisa meningkat hingga mencapai sekitar 13% para akhir tahun 2009 mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×