kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sering Dibuang, Apakah Invoice Bisnis Sepenting Itu?


Sabtu, 08 Juni 2024 / 09:00 WIB
Sering Dibuang, Apakah Invoice Bisnis Sepenting Itu?
ILUSTRASI. Dok. Unsplash


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Indah Sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Dalam kegiatan bisnis atau usaha, terdapat banyak dokumen penting. Baik itu yang berkaitan dengan legal ataupun berkaitan dengan transaksi. Salah satu dokumen penting dalam usaha adalah invoice bisnis. Namun, kenapa invoice bisnis merupakan sebuah dokumen penting?

Melalui artikel ini, kita akan membahas berbagai aspek mengenai invoice bisnis. Mulai dari pengertian, fungsi, hingga penggunaan aplikasi pembukuan untuk membuat dan mengelola invoice dengan lebih efisien.

Apa itu Invoice Bisnis?

Invoice bisnis adalah dokumen yang dikeluarkan oleh penjual kepada pembeli. Guna dari dokumen ini adalah sebagai permintaan pembayaran atas barang atau jasa yang telah diberikan. Selain itu, invoice juga berfungsi sebagai bukti transaksi antara penjual dan pembeli.

Dokumen invoice mencakup informasi rinci tentang beberapa hal. Informasi yang terdapat di dalam invoice biasanya adalah barang atau jasa yang dijual, nominal atau jumlah yang harus dibayar, tanggal jatuh tempo pembayaran, dan informasi kontak kedua belah pihak.

Apa Saja Fungsi Invoice Bisnis?

Invoice bisnis memiliki beberapa fungsi penting dalam kegiatan usaha. Beberapa fungsi invoice bisnis di antaranya:

1.    Bukti Transaksi

Invoice berfungsi sebagai bukti resmi bahwa suatu transaksi telah terjadi antara penjual dan pembeli. Hal ini tentu sangat penting untuk tujuan pembukuan dan akuntansi.

2.    Memudahkan Pembayaran

Dengan adanya invoice, pembeli mengetahui jumlah yang harus dibayarkan dan batas waktu pembayaran. Adanya invoice tentu membantu dalam menghindari keterlambatan pembayaran.

3.    Mengatur Keuangan

Invoice dapat digunakan penjual untuk membantu keuangan bisnis. Sebab, invoice dapat membantu penjual dalam mengatur arus kas dan memastikan bahwa semua pembayaran diterima tepat waktu. Invoice juga membantu dalam perencanaan keuangan dan pengelolaan anggaran.

4.    Legalitas

Invoice memiliki kekuatan hukum. Invoice juga dapat digunakan sebagai bukti dalam kasus perselisihan pembayaran. Pastinya, ini memberikan perlindungan tambahan bagi penjual.

5.    Pelacakan Penjualan

Dengan menggunakan invoice, penjual dapat melacak semua penjualan yang telah dilakukan, termasuk rincian produk atau jasa yang terjual, jumlah penjualan, dan informasi pembeli.

Invoice Bisnis dengan Aplikasi Pembukuan Digital

Dulu, pembuatan dan pemberian invoice dilakukan secara manual. Namun, di era digital saat ini banyak bisnis yang beralih ke penggunaan aplikasi pembukuan, seperti yang ditawarkan oleh Pembukuan Digital dari Telkomsel Enterprise.

Solusi Pembukuan Digital dari Telkomsel Enterprise adalah aplikasi akuntansi terintegrasi yang dirancang untuk mempermudah manajemen keuangan bagi bisnis mikro dan kecil. Aplikasi ini menggabungkan fungsi point-of-sale (POS) dengan fitur akuntansi, seperti laporan keuangan otomatis, manajemen utang, dan pemantauan bisnis multi-cabang. Aplikasi ini menghilangkan kebutuhan akan keahlian akuntansi dengan menyediakan laporan keuangan lengkap dalam satu platform.

Rekomendasi Aplikasi Pembukuan Digital

Aplikasi pembukuan digital makin masif digunakan oleh bisnis saat ini. Aplikasi yang digunakan pun bermacam-macam. Masing-masing dikembangkan oleh pengembang yang berbeda. Juga, masing-masing aplikasi pembukuan digital tersebut juga memiliki keunggulannya masing-masing.

Dari sekian banyak aplikasi pembukuan digital yang ada di pasaran pada saat ini, salah satu yang sangat direkomendasikan adalah aplikasi pembukuan digital dari Telkomsel yaitu Telkomsel Pembukuan Digital.

Aplikasi pembukuan digital dari Telkomsel ini memiliki beberapa fitur. Berikut adalah fitur yang ditawarkan oleh Telkomsel pembukuan digital.

1.    Terintegrasi

Aplikasi pembukuan digital dari Telkomsel memiliki aplikasi Point of Sales dan aplikasi accounting yang terintegrasi dalam satu aplikasi saja.

2.    Terpercaya

Karena dikembangkan dan dibuat oleh Telkomsel, aplikasi pembukuan digital ini tidak perlu lagi diragukan kualitas dan keamanannya.

3.    Dukungan Penuh.

Telkomsel menyediakan dukungan penuh kepada pengguna aplikasi ini. Dukungan yang diberikan Telkomsel berupa dukungan bantuan 24 jam.

4.    Akses Koneksi

Aplikasi pembukuan digital Telkomsel menawarkan opsi bundling dengan aplikasi lain dari Telkomsel. Misalkan seperti Telkomsel Connectivity, Orbit Connectivity, dan MyAds. Selain itu, pengguna memiliki akses tidak terbatas pada aplikasi pembukuan digital.

5.    Dukungan Perangkat

Telkomsel juga menawarkan paket perangkat. Adapun perangkat yang termasuk dalam layanan ini adalah built in PoS device berupa printer dan tablet dengan harga khusus.

6.    Pinjaman Modal.

Pengguna aplikasi pembukuan digital dari Telkomsel juga menawarkan kemudahan peminjaman modal usaha.

Dengan memahami pentingnya invoice bisnis dan bagaimana teknologi dapat membantu dalam pengelolaannya, #PastiAdaSolusi bagi para pelaku usaha agar dapat menjalankan bisnis mereka dengan lebih efisien dan terorganisir. Penggunaan aplikasi pembukuan tidak hanya meningkatkan efisiensi tetapi juga membantu dalam menjaga akurasi dan transparansi keuangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×