kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.965.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.830   0,00   0,00%
  • IDX 6.438   38,22   0,60%
  • KOMPAS100 926   8,20   0,89%
  • LQ45 723   5,45   0,76%
  • ISSI 205   2,17   1,07%
  • IDX30 376   1,61   0,43%
  • IDXHIDIV20 454   0,42   0,09%
  • IDX80 105   1,01   0,98%
  • IDXV30 111   0,45   0,40%
  • IDXQ30 123   0,28   0,22%

SHAREit Fokuskan Bisnis B2B Melalui Pengembangan Ekosistem Digital pada 2022


Kamis, 27 Januari 2022 / 22:09 WIB
SHAREit Fokuskan Bisnis B2B Melalui Pengembangan Ekosistem Digital pada 2022
ILUSTRASI. Global VP & Partner SHAREit Group, Karam Malhotra.


Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan teknologi global SHAREit Group mengumumkan fokus bisnis bisnis B2B mereka pada tahun 2022 lewat pengembangan ekosistem digital yang diharapkan dapat memudahkan brand dalam menjangkau offline consumer di kawasan Asia Tenggara.

Menghadirkan model bisnis satu akses bagi aplikasi dan bisnis digital untuk pertumbuhan pengguna, monetisasi, dan pembayaran digital, tahun ini SHAREit mematangkan komitmennya dalam membantu perwujudan collaborative society secara global, khususnya Indonesia, termasuk membangun keterlibatan masyarakat offline.

Berbeda dengan konsumen yang sudah terhubung dalam platform digital dan dikelilingi perangkat yang tersambung dengan internet, masyarakat “offline” ini merupakan mereka yang berada di wilayah yang minim konektivitas.

Kawasan Asia Tenggara sendiri merupakan rumah bagi 643 juta orang yang tinggal di 10 negara dengan tingkat kematangan digital yang berbeda.

Berdasarkan data dari Kementerian Keuangan Indonesia ekonomi digital Indonesia diprediksi tumbuh hingga delapan kali lipat di tahun 2030 dari Rp632 triliun menjadi Rp4.531 triliun.

Baca Juga: Fakir kuota kini bisa mengunduh game ukuran besar tanpa paket data, begini caranya

Bahkan industri B2B (business-to-business) juga akan tumbuh dengan besaran 13% atau setara dengan Rp763 triliun.

Dalam laporan oleh World Bank yang berjudul “Beyond Unicorns: Harnessing Digital Technologies for Inclusion in Indonesia” menunjukkan bahwa masih terdapat 49% orang dewasa Indonesia yang masih belum terhubung ke Internet.

“Ketika kami mengatakan pemasaran “offline”, yang kami maksud adalah pemasaran ke audiens offline dengan memanfaatkan kekuatan seluler. Kelompok audiens ini menjadi sangat penting karena collaborative society hanya akan dapat terwujud melalui keterlibatan semua aspek. SHAREit, yang merupakan platform berbagi dan penemuan konten, memungkinkan pengguna berbagi file dan konten bahkan saat mereka offline,” kata Global VP & Partner, SHAREit Group Karam Malhotra, dikutip dari keterangan resmi yang diterima Kontan, Kamis (27/1).

Selain itu, Karam menjelaskan SHAREit berupaya menjadi enabler untuk ekosistem aplikasi dan telah bermitra dengan perbankan hingga aplikasi jejaring sosial untuk membantu mereka menjangkau masyarakat luas yang masih belum terpapar layanan digital.

“Wilayah seperti Indonesia dan Filipina masih memiliki populasi “offline consumer” yang cukup besar, yang mana kerap kali masih ditemukan kegagalan dalam mengakses konten dan hiburan karena keterbatasan digital atau kurangnya konektivitas,” kata Karam.



TERBARU

[X]
×