kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Siap bersaing dengan tiga konsorsium, PLN klaim sudah teken NDA dengan Vale


Minggu, 20 Juni 2021 / 19:04 WIB
Siap bersaing dengan tiga konsorsium, PLN klaim sudah teken NDA dengan Vale
ILUSTRASI. Pabrik pengolahan biji NIKEL milik INCO) di Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan. KONTAN/Cheppy A. Muchlis/10/06/07


Reporter: Azis Husaini, Muhammad Julian | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) sudah menandatangani perjanjian kerahasiaan alias non disclosure agreement (NDA) dengan PT Vale Indonesia Tbk (INCO) pada bulan Mei 2021 untuk memasok listrik ke dua smelter INCO. Padahal sebelumnya dikabarkan INCO sudah membuka lelang untuk proyek pembangkit yang diikuti konsorsium Medco, Golar, dan Tripatra.

Seperti diketahui PT Vale Indonesia Tbk (INCO) akan membangun smelter di Sulawesi. Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN Bob Saril mengungkapkan, PLN sudah menandatangani perjanjian kerahasiaan alias non disclosure agreement (NDA) dengan pihak INCO pada bulan Mei 2021 lalu.

Menurut Bob, saat ini PLN sedang dalam tahap pembahasan data sharing dan informasi seputar pembangunan smelter-smelter INCO di Sulawesi. 

Hanya saja, sejauh ini belum ada nota kesepahaman atau Memorandum Of Understanding (MoU) maupun perjanjian transaksi yang disepakati/ditandatangani antar keduanya.

“(Namun) sudah dalam tahap pembahasan detail ke arah sana,” ungkap Bob kepada Kontan.co.id, Jumat (18/6).

Seperti diketahui, INCO berencana membangun smelter di Bahodopi, Sulawesi Tengah dan Pomalaa, Sulawesi Tenggara dengan skema joint venture. 

Nantinya, Smelter INCO di Bahodopi akan berfungsi sebagai tempat produksi dan pengolahan nikel, sementara smelter perusahaan di Pomalaa akan memproduksi Mixed Sulphide Precipitate (MSP) yang menjadi salah satu komponen pembuatan baterai kendaraan listrik.

Kontan.co.id mencatat, INCO tengah mengawal penyelesaian negosiasi untuk proyek Bahodopi dan Pomalaa. 

Kalau tidak ada aral melintang, keputusan investasi akhir alias  final investment decision (FID) untuk proyek smelter Bahodopi ditargetkan rampung pada akhir tahun ini atau awal tahun depan, sedangkan FID untuk proyek Pomalaa diharapkan selesai tahun depan. 

PLN bukan satu-satunya pihak yang memiliki minat untuk melistriki smelter INCO. Beberapa pihak lain seperti PT Pertamina Power Indonesia (PPI)-PT Medco Power Indonesia-Kansai, lalu ada Tripatra-BP serta Konsorsium Golar-Equinox juga dikabarkan berminat untuk memasok listrik ke smelter INCO di Bahodopi.  

Hanya saja, sejauh ini Kontan.co.id belum mendapatkan konfirmasi soal hal ini dari pihak-pihak tersebut.  

Bob bilang, PLN optimistis bisa bersaing dengan pihak lainnya untuk bisa ditunjuk sebagai pihak yang dipercaya melistriki smelter INCO. 

Apabila berhasil ditunjuk, PLN rencananya akan menyambungkan smelter-smelter INCO ke sistem kelistrikan Sulawesi Tenggara dan Sulawesi Tengah. "Kalau diperlukan, PLN juga siap merelokasi Pembangkit Listrik Tenaga Gas dan Uap (PLTGU) PLN yang berada di Pulau Jawa," terang dia.

Menurut Bob, opsi tersebut tidak akan mengganggu keandalan pasokan listrik di Pulau Jawa, sebab daya cadangan yang tersedia di Jawa-Bali saat ini masih besar, yaitu sekitar 45% dari beban puncak. “(Relokasi) bisa dari PLTGU di Banten atau Jawa Tengah,” ujar Bob.

Direktur Eksekutif Institute for Essential Services Reform (IESR) Fabby Tumiwa mengatakan, PLN memiliki keunggulan untuk melistriki smelter INCO. Dari segi jaminan pasokan, PLN bisa menyediakan back up tenaga listrik melalui sistem kelistrikan yang dimiliki.

Selain itu, PLN juga berpotensi memberi penawaran harga yang lebih murah dibanding penawar lain dengan mengoptimalkan aset yang telah dimiliki. 

“(Misal) PLN PLTGU-nya direlokasi, saya kira harganya bisa bersaing dengan yang lain, kan PLN enggak perlu mengadakan (PLTGU) baru, kan dia enggak perlu beli mesin gas baru,” jelas Fabby.

Kontan.co.id sudah coba menghubungi pihak INCO untuk meminta konfirmasi perihal komunikasi yang dilakukan oleh PLN dengan INCO sehubungan rencana PLN melistriki smelter INCO. Hanya saja, pihak INCO mengaku enggan memberikan komentar soal hal tersebut.

Dalam catatan Kontan.co.id (15/6) sebelumnya Chief Financial Officer (CFO) INCO Bernardus Irmanto mengatakan, INCO membuka semua opsi untuk penyediaan kelistrikan smelter perusahaan. Beberapa pertimbangan yang menjadi perhatian INCO dalam memilih opsi antara lain kecukupan, stabilitas, dan reliabilitas pasokan energi listrik.

“Tentu saja hitungan ekonominya (perlu) selaras dengan interest PT Vale Indonesia dan juga mitra kerja,” imbuh Bernardus sebagaimana telah dimuat dalam pemberitaan Kontan.co.id, Rabu (15/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×