Reporter: Amalia Nur Fitri | Editor: Yudho Winarto
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menjelang akhir tahun, SiCepat Ekspres merangkum tahun 2021 dengan pencapaian positif. Capaian positif ini tidak hanya terlihat dari kinerja pengiriman saja, melainkan dengan berbagai inovasi, kolaborasi, dan ekspansi bisnis yang dilakukan oleh SiCepat Ekspres selama tahun 2021.
Dari segi bisnis pengiriman, selama 2021 SiCepat Ekspres mengirimkan hingga lebih dari 2,8 juta paket perhari dan telah mencatatkan growth year on year hingga 93% dibandingkan tahun lalu.
Berdasarkan keterangan resmi yang diterima Kontan, Selasa (21/12), tidak hanya memanfaatkan teknologi secara maksimal, hal ini juga didukung peningkatan Sumber Daya Manusia dan Infrastruktur dengan 70 ribu orang karyawan serta perluasan jangkauan dengan menghadirkan lebih dari 1.500 gerai, 149 Pick Up Drop Point (PUDO), 84 Sortation, dan lebih dari 7.000 titik SiCepat Point yang tersebar di seluruh Indonesia.
Baca Juga: Simak 4 Cara Cek Resi SiCepat Express Lewat Online dan Offline
“Capaian positif yang dicatatkan SiCepat Ekspres selama 2021 ini tidak lepas dari peran maksimal dari masing-masing komponen perusahaan. Kami terus fokus dalam menghasilkan inovasi produk layanan, dan juga menjalin kolaborasi dengan banyak pihak untuk terus memberikan kemudahan kepada masyarakat," ujar The Kim Hai, CEO SiCepat Ekspres, Selasa (21/12).
SiCepat Ekpres menjalin kolaborasi strategis bersama partner diantaranya menambah kepemilikan saham PT Digital Mediatama Maxima Tbk (DMMX) menjadi 6,05% dan menghadirkan fitur Digital Cloud Ad bagi seller UMKM bersama DMMX.
SiCepat juga menjalin kerja sama dengan PT Logitek Digital Nusantara (LDN) untuk memperluas jaringan dengan mendirikan FastPoint serta kerja sama dengan PT Finansial Intergrasi Teknologi (Pinjam Modal) sebagai platform peer-to-peer landing untuk memberikan kemudahan akses permodalan bagi UMKM melalui aplikasi SiCepat Ekspres.
Lalu, pada Oktober 2021 pihaknya bersama dengan AC Venture dan DMMX, SiCepat mendukung bisnis kecantikan milik Luna Maya, Nama Beauty, dengan memberikan suntikan dana sebesar US$ 5 juta.
Adapun mengenai kegiatan sortir paket di gerai, SiCepat Ekspres telah menyalurkan dana lebih dari Rp10 miliar untuk program Corporate Social Responsibility (CSR).
Selain itu, pihaknya juga kolaborasi bersama Kementerian Kesehatan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan menggratiskan layanan antar obat telemedisin bagi masyarakat yang menjalani isolasi mandiri ke seluruh Indonesia.
"Sebagai komitmen dalam berkontribusi pada lingkungan hidup, SiCepat telah melakukan pembelian 10.000 unit motor listrik Volta yang akan digunakan sebagai unit kendaraan operasional dan akan beroperasi pada akhir tahun 2021," sambungnya.
Baca Juga: SiCepat Ekspres salurkan bantuan untuk masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru
Kim Hai menyatakan, ke depannya SiCepat Ekspres terus mengembangkan potensi untuk memberikan kontribusi terbaik bagi negeri dan berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian Indonesia melalui program-program yang berfokus pada peningkatan ekonomi berkelanjutan, kepedulian sosial, budaya, teknologi dan lingkungan hidup.
Hal ini ditunjukkan agar SiCepat Ekspres bertransformasi dengan membangun ekosistem berbasis digital untuk mendukung di berbagai sektor bisnis, mulai dari end-to-end logistic solution, Digital F&B solution, industri kreatif, hingga electric vehicle.
"Dengan ekosistem dan integrasi digital yang dibangun tersebut, SiCepat Ekspres bisa membantu membuka peluang bisnis dan usaha bagi UMKM untuk lebih berkembang dan membuka lapangan pekerjaan yang lebih luas bagi masyarakat Indonesia," tutupnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News