kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak Rencana Bisnis Hankook Tire Sepanjang 2023


Jumat, 03 Februari 2023 / 07:26 WIB
Simak Rencana Bisnis Hankook Tire Sepanjang 2023
ILUSTRASI. Ban Hankook khusus kendaraan listrik. Hankook menargetkan dapat menjadi pemimpin bagi segmen electric vehicle (EV) atau kendaraan elektrik.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Wahyu T.Rahmawati

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen ban global asal Korea Selatan, Hankook Tire melalui anak perusahaan yang mengelola pemasaran di Indonesia, PT Hankook Tire Sales Indonesia (HTSI) turut merespons iklim industri kendaraan yang kian positif.

Asal tahu saja, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyampaikan angka yang positif pada penjualan mobil tahun 2022 baik secara wholesales maupun ritel dengan masing-masing peningkatan sebesar 18,1% year on year (YoY) menjadi 1.048.040 unit dan 17.4% (yoy) menjadi 1.013.582 unit. Gaikindo memproyeksikan penjualan mobil nasional tahun ini sebesar 975.000, tidak jauh dari capaian tahun lalu.

Sementara itu, sepanjang tahun 2022, penjualan Hankook pada kategori PCR atau Passenger Car Radial dan TBR atau Truck & Bus Radial menunjukkan pertumbuhan positif dengan masing-masing peningkatan sebesar 2% dan 10% dibanding tahun lalu. Kini, Hankook siap memaksimalkan momentum tahun ini dengan sejumlah strategi.

Presiden Direktu Hankook Tire Sales Indonesia Yoonsoo Shin menyampaikan, sepanjang 2022, Hankook Tire berupaya memberikan pelayanan maksimal untuk memenuhi kebutuhan konsumen. "Menyambut tahun 2023, kami hadir dengan beberapa strategi baru untuk bergerak maju, bersama-sama lebih kuat dan adaptif untuk menyesuaikan kondisi pasar domestik maupun global," ujar Yoonsoo Shin dalam siaran pers, Kamis (2/2).

Baca Juga: Hankook Jadi Mitra Ban Eksklusif Lamborghini Super Trofeo

Pada kategori PCR, Hankook akan melanjutkan posisi solid pada segmen Sport Utility Vehicle (SUV) melalui sejumlah langkah. Di antaranya adalah menghadirkan fitur highway performance (HP) dan pola kasar (rugged pattern) guna memaksimalkan performa dan keamanan berkendara.

Hankook juga menyiapkan inovasi produk untuk memberikan fleksibiltas bagi pelanggan. Sejumlah produk baru tersebut antara lain Ventus Prime4 ban premium yang memiliki handling yang optimal untuk kenyamanan berkendara dan Dynapro HPX ban touring semua musim yang dirancang untuk memberikan penanganan yang halus, kenyamanan ekstra, dan kebisingan rendah. Ada pula Dynapro XT ban SUV yang dapat memberikan kenyamanan berkendara walaupun kondisi jalanan yang tidak rata (off-road) dengan jaminan garansi tapak hingga 50.000 mil.

Dalam beberapa tahun terakhir, Hankook menargetkan dapat menjadi pemimpin bagi segmen electric vehicle (EV) atau kendaraan listrik. Untuk turut serta dalam industri mobil listrik, tahun ini Hankook akan membawa seri iON Evo ke Indonesia guna memberikan pengalaman berkendara yang lebih baik bagi pengendara mobil listrik.

"Selain itu, mulai musim 2022/23 kami menjadi pemasok eksklusif dan mitra teknis dari kejuaraan dunia ABB FIA Formula E. Hal ini menegaskan keseriusan kami untuk menjadi yang terdepan dalam industri kendaraan listrik," ujar Yoonsoo Shin.

Baca Juga: Bersaing Berebut Pasar Perusahaan Korea

Hankook ingin menerapkan prinsip sederhana, lebih cepat, dan lebih kuat di tahun ini melalui sejumlah program pemasaran seperti sell-in shop, program service point, program rabat Hankook master dan signage shop, serta melakukan co-marketing untuk aktivitas per area. Perusahaan ini juga berencana meningkatkan ekspansi pasar B2B dan armada nasional dengan menggandeng sejumlah partner untuk berkolaborasi, seperti Bluebird, TRAC Astra, dan ASSA Rent.

Sementara untuk kategori TBR, memandang kondisi pasar yang dinamis dan kompetitif, Hankook memilih fokus menawarkan layanan berbasis solusi. Hankook berupaya mendukung para pelanggan kendaraan niaga atau fleet customer untuk mereduksi biaya operasional serta menghadirkan layanan yang menjadi prioritas kebutuhan mereka. Sejumlah pendekatan yang disiapkan, antara lain, menawarkan biaya per kilometer lebih rendah, memaksimalkan kinerja ban dengan layanan yang diberikan, dan visibilitas biaya ban dengan layanan.

Hankook juga akan membantu pelanggan dalam memilih ban yang sesuai untuk mendukung kegiatan operasional bisnis mereka, merekomendasikan tekanan angin ban, monitor pemeliharaan ban, pengecekan tekanan angin ban, analisa ban bekas pakai, meningkatkan pemeliharaan ban, serta beragam pelatihan untuk pemilik maupun pengemudi kendaraan niaga.

Melalui sejumlah strategi baru tersebut, Hankook berkomitmen untuk terus memperkuat presensinya di pasar domestik di Indonesia. Bersamaan dengan pertambahan ukuran dan line-up produk baru, Hankook Tire Sales Indonesia menargetkan pertumbuhan penjualan sebesar 19% yang mencakup pasar domestik dan pasar mancanegara pada tahun 2023.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×