kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.315.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Simak strategi Tempo Inti Media (TMPO) di tahun 2021


Rabu, 28 April 2021 / 10:31 WIB
Simak strategi Tempo Inti Media (TMPO) di tahun 2021
ILUSTRASI. PT Tempo Inti Media Tbk (TMPO)


Reporter: Vina Elvira | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Tempo Inti Media (TMPO) akan menggenjot percepatan transformasi digital yang sudah dimulainya sejak tahun 2017 silam. Pesatnya perkembangan digital sebagai dampak dari pandemi Covid-19, memberikan peluang besar bagi TMPO untuk segera bertransformasi mejadi pemain digital sepenuhnya. 

Direktur TMPO Meiky Sofyansyah mengatakan, prioritas utama perusahaan di tahun ini adalah merespon fenomena "go-online" dengan cara memperpendek timeline "Road to Digital". Menurut dia, di tengah kondisi pandemi seperti saat ini, kegiatan online sudah menjadi sebuah keharusan dan sekaligus menciptakan lini bisnis baru bagi TMPO.

"Pada saat sirkulasi dan iklan media cetak merosot, media digital menjadi pilihan orang banyak. Program work from home dijalankan hampir di semua instansi, lembaga, perusahaan dan perorangan," kata dia dalam Paparan Publik Virtual, Selasa (27/4). 

Lebih lanjut Meiky bilang, pengembangan untuk menjadi pemain digital seutuhnya membutuhkan modal investasi yang tidak sedikit. Untuk itu, TMPO mulai menjalankan sejumlah langkah strategis, salah satunya dengan rencana pelaksanaan penawaran umum saham perdana alias initial public offering (IPO) pada anak usahanya, PT Info Digital (IMD), yang menaungi situs berita Tempo.co dan sejumlah strategic business unit (SBU).

"Kami merencanakan go public pada anak usaha ini pada tahun 2021, dengan menunggu waktu yang tepat, sambil mencari opsi-opsi pendanaan yang lain," jelas dia. 

Kata Meiky, TMPO juga akan terus melakukan kajian serius serta adaptasi terhadap sejumlah perubahan yang terjadi pada kegiatan bisnis perusahaan. Seperti misalnya, keputusan untuk menerbitkan Koran Tempo dan Tempo English hanya dalam edisi digital saja yang sudah dijalaninya sejak Januari lalu. . 

Pada saat yang sama, TMPO juga tetap melanjutkan penguatan sirkulasi dan iklan digital pada semua produk, termasuk di dalamnya upaya edukasi bagi pembaca dan para mitra untuk beralih ke medium atau platform digital yang memberikan banyak “pengalaman” baru.

Baca Juga: Ini penyebab pendapatan Tempo Inti Media (TMPO) merosot tahun 2020

 

Dihubungi secara terpisah, Sekretaris Perusahaan TMPO Tomi Aryanto bilang, ketika media cetak TMPO kinerjanya turun drastis di tahun lalu, platform digital-nya justru terus mengalami perkembangan positif, baik dari sisi subsriber maupun jumlah pembaca. 

"Jadi kami melihat memang dunia yg berubah secara digital ini menjadi lebih cepat justru ketika pandemi. Itu yang membuat kita harus lebih cepat mempersiapkan semuanya, jadi lebih fokus di situ," ungkapnya. 

Atas dasar hal itu, TMPO optimistis kinerja bisnisnya akan mengalami perbaikan di tahun ini. Optimisme tersebut didukung juga oleh perolehan positif yang  dicapai TMPO pada kuartal pertama tahun ini. 

"Jadi kami melihat bottom itu udah di kuartal III tahun lalu. Kalau kami lihat di awal tahun ini, di kuartal pertama sudah ada pertumbuhan dibandingkan tahun lalu," ujar Tomi.

Di sisi lain, dia menyebut, berbagai program yang tengah digencarkan pemerintah juga terpantau berjalan lebih lancar dari yang diduga banyak orang. Hal ini, memberikan sinyal positif kepada TMPO untuk dapat menorehkan kinerja yang lebih baik dari realisasi di tahun lalu. 

"Kami sangat optimistis karena program pemerintah ini berjalan lebih lancar dari yang diduga banyak orang, tentang vaksinasi dan sebagainya. Kami lihat ternyata jauh lebih baik ketimbang yang dikhawatirkan banyak orang," pungkas Tomi. 

Selanjutnya: Belanja iklan naik, ini rekomendasi saham emiten media dari analis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet Using Psychology-Based Sales Tactic to Increase Omzet

[X]
×