kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinar Mas Agro (SMAR) Tepis Dugaan Penyalahgunaan Stok Minyak Goreng di Makassar


Kamis, 24 Februari 2022 / 13:27 WIB
Sinar Mas Agro (SMAR) Tepis Dugaan Penyalahgunaan Stok Minyak Goreng di Makassar
ILUSTRASI. Sinar Mas Agro Resources & Technology (SMAR) menepis dugaan penyalahgunaan stok minyak goreng di Makassar.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources & Technology Tbk (SMAR) atau SMART menanggapi temuan Satgas Pangan Polri terkait penimbunan stok minyak goreng yang diduga milik emiten tersebut. Sebelumnya, SMART sempat dituding melakukan penjualan 61.000 liter minyak goreng jatah masyarakat kepada sejumlah pelaku industri di daerah Makassar, Sulawesi Selatan.

Manajemen SMART mengaku prihatin terhadap informasi yang dinilai tidak akurat di media massa terkait dengan alokasi minyak goreng pada stasiun bulking perusahaan di Makassar. Pada dasarnya, SMART mendukung upaya pemerintah untuk memastikan ketersediaan minya goreng berkualitas dengan harga yang layak di Indonesia.

Pengiriman olein atau minyak goreng curah (RBD-Palm Olein) ke bulking SMART di Makassar pada Februari 2022 sejak awal ditujukan untuk industri dan domestik market obligation (DMO). “Tidak ada penyalahgunaan alokasi seperti yang dituliskan di media massa,” tulis Manajemen SMART dalam keterbukaan informasi Bursa Efek Indonesia (BEI), Rabu (23/2).

Baca Juga: Kemendag Minta Barang Bukti Penimbunan Minyak Goreng Langsung Didistribusikan

Manajemen SMART menjelaskan, setiap bulannya bulking SMART di Makassar meneriman pengiriman olein. Pengiriman ini ditujukan untuk penggunaan yang beragam, termasuk untuk kebutuhan industri maupun untuk kebutuhan rumah tangga di daerah Makassar dan sekitarnya.

Sebagai bentuk dukungan SMART terhadap program DMO pemerintah, maka pemenuhan kebutuhan minyak goreng curah untuk rumah tangga menjadi prioritas. SMART hanya akan mengklaim penyaluran DMO setelah minyak goreng tersebut telah terjual dan tersalurkan sebagai DMO. Tidak ada klaim plasu dari perusahaan.

Selain itu, sebagai bagian dari upaya bersama untuk menghadirkan minyak goreng dengan harga terjangkau, SMART telah meminta komitmen dari pembeli atau distributor perusahaan agar memastikan harga minyak goreng yang sampai pada konsumen akhir sesuai dengan harga eceran tertinggi (HET), sebagaimana ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan.

Lebih lanjut, SMART berkomitmen untuk mendukung para pelanggan perusahaan di Makassar terhadap kebutuhan minyak goreng, baik untuk kebutuhan industri maupun rumah tangga.

Pemenuhan kebutuhan industri memiliki dampak bagi tersedianya bahan pangan bagi masyarakat, serta keberlanjutan dari bisnis industri tersebut. Pemenuhan kebutuhan minyak goreng curah sangatlah penting bagi kebutuhan rumah tangga di Indonesia. “Keduanya memainkan peranan penting bagi kesejahteraan masyarakat Indonesia,” tambah Manajemen SMART.

Baca Juga: Kemendag Minta Pedagang di E-Commerce Cabut Iklan Jualan Minyak Goreng di Atas HET

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×