kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinar Mas Agro (SMAR) terus kembangkan lini bisnis biodiesel


Rabu, 27 Oktober 2021 / 19:19 WIB
Sinar Mas Agro (SMAR) terus kembangkan lini bisnis biodiesel
ILUSTRASI. Penuhi kebutuhan dalam negeri, Sinar Mas Agro (SMAR) terus mengembangkan lini bisnis biodiesel.


Reporter: Dimas Andi | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMAR) atau SMART turut memproduksi biodiesel yang berasal dari minyak kelapa sawit (crude palm oil/CPO) untuk kebutuhan di dalam negeri.

Pinta S. Chandra, Investor Relations Sinar Mas Agribusiness and Food menyampaikan, saat ini SMART memiliki dua pabrik biodiesel yang berlokasi di Kalimantan Selatan dan Jawa Barat dengan total kapasitas terpasang sebesar 2.000 ton per hari.

“Pabrik biodiesel kami beroperasi penuh di semester I-2021 dan diharapkan akan terus berlanjut hingga akhir tahun,” kata Pinta, Rabu (27/10).

Baca Juga: Optimistis kinerja moncer, Sinar Mas Agro (SMAR) targetkan produksi tumbuh 8% di 2021

Meski tidak disebut secara rinci, Pinta mengatakan, penjualan produk biodiesel SMART tergolong cukup baik. Sejauh ini, penjualan biodiesel SMART difokuskan untuk memenuhi alokasi dari pemerintah dalam rangka program B30. Dengan demikian, sampai semester pertama lalu pihak SMART tidak melakukan ekspor biodiesel ke luar negeri.

Manajemen SMART pun saat ini tengah berupaya menambah kapasitas produksi pabrik biodiesel yang berada di Kalimantan Selatan sebesar 1.500 ton per hari. Dalam berita sebelumnya, SMART menyiapkan dana capital expenditure (capex) atau belanja modal sebesar Rp 1,2 triliun di tahun 2021, yang mana Rp 800 miliar di antaranya untuk pengembangan fasilitas pabrik biodiesel.

Pihak SMART sendiri menargetkan proses penambahan kapasitas di pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan akan rampung pada tahun 2022 mendatang. “Saat ini proyek penambahan kapasitas produksi pabrik biodiesel SMART di Kalimantan Selatan masih dalam tahap pembangunan,” kata Pinta.

Selanjutnya: Siap-siap, Sinar Mas Agro (SMAR) bakal terbitkan obligasi senilai Rp 2,5 triliun

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×