kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Paling Lambat Mei 2023


Rabu, 29 Maret 2023 / 09:31 WIB
Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Paling Lambat Mei 2023
ILUSTRASI. Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Mei 2023, Jakarta Terakhir


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Sejak Maret 2022 lalu, Telkomsel sudah mulai melakukan "suntik mati" atau menonaktifkan jaringan 3G di sejumlah wilayah di Indonesia.

Penyelesaian suntik mati jaringan 3G Telkomsel secara nasional ini sebenarnya dijadwalkan rampung akhir 2022 kemarin.

Namun, jadwal tersebut diundur hingga paling lambat akhir 2023 mendatang, lantaran Telkomsel menganggap masih banyak penggunanya yang belum beralih ke 4G atau memiliki perangkat 4G.

Nah, kini Telkomsel menyebut bahwa jadwal suntik mati jaringan 3G di Indonesia kemungkinan akan lebih cepat, yaitu dijadwalkan akan selesai pada Mei 2023 mendatang.

Baca Juga: Simak Kinerja Telkom Indonesia (TLKM) di Sepanjang 2022

Hal ini disampaikan Vice President Global Network Operations Telkomsel, Galumbang Pasaribu.

Menurut Galumbang, pihaknya saat ini tengah menjalankan proses suntik mati jaringan 3G tahap (batch) ketujuh yang dimulai pada 27 Maret 2023 kemarin. Batch ini meliputi sejumlah daerah di Jawa Barat, seperti kota Cirebon, Tasikmalaya, Majalengka, Subang, dan sekitarnya.

Selanjutnya, Telkomsel akan melakukan suntik mati jaringan 3G tahap kedelapan, yang diklaim akan menjadi tahap terakhir dalam proses suntik mati jaringan 3G secara nasional. Dalam tahap ini, jaringan 3G di wilayah Jakarta dijadwalkan bakal mati total.

"Batch kedelapan akan kami lakukan di bulan Mei 2023 dan kami akan eksekusi di Jakarta," jelas Galumbang di sela acara "Telkomsel Siaga RAFI 2023" yang digelar di Telkom Krucuk, Cirebon, Jawa Barat, Selasa (28/3/2023).

Galumbang tidak menyebut tanggal spesifik kapan pastinya jaringan 3G Telkomsel di wilayah Jakarta bakal tidak bisa dipakai lagi.

Namun yang jelas, ia mengatakan bahwa pihaknya sengaja membuat Jakarta menjadi wilayah terakhir suntik mati jaringan 3G. Sebab, pelanggan di wilayah ini disebut membutuhkan layanan prima supaya mereka bisa beraktivitas dengan lancar.

Artinya, apabila mereka yang tinggal di Jakarta belum beralih ke jaringan 4G (masih 3G) dan Telkomsel tiba-tiba mematikan jaringan 3G di wilayah tersebut, maka aktivitas pelanggan tentunya akan terhambat.

Baca Juga: Telkomsel Siaga Berbagi untuk NyalakanKebersamaan di Momen Ramadan dan Idulfitri 144

"Ini yang menjadi alasan mengapa batch satu hingga ketujuh kami lakukan di ujung dan pinggir wilayah Indonesia, hingga terakhir ke Jakarta pada batch kedelapan nanti," ungkap Galumbang.

Sekadar informasi, Telkomsel menyediakan laman jadwal upgrade jaringan 4G, atau suntik mati jaringan 3G, Telkomsel di laman resmi https://www.telkomsel.com/untungjadi4g.

Laman yang diperbarui per 2 Maret 2023 lalu ini, sebenarnya tidak menyebutkan secara spesifik jadwal setiap tahap atau batch suntik mati jaringan 3G Telkomsel di Indonesia.

Namun pantauan KompasTekno, wilayah Jakarta, yang termasuk ke dalam wilayah Pulau Jawa, memang belum termasuk ke dalam laman resmi jadwal upgrade jaringan 4G Telkomsel tersebut.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Sinyal 3G Telkomsel di Seluruh Indonesia Bakal Dimatikan Mei 2023, Jakarta Terakhir"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×