kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

SMCB Kembangkan Proyek Solar Panel di Pabrik Semen Tuban


Selasa, 31 Januari 2023 / 17:38 WIB
SMCB Kembangkan Proyek Solar Panel di Pabrik Semen Tuban
Pabrik semen?PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB)?di Tuban, Jawa Timur.


Reporter: Vina Elvira | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Produsen semen PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SMCB) berupaya mendorong percepatan pencapaian penurunan emisi karbon yang ditargetkan oleh pemerintah. Upaya itu salah satunya direalisasikan lewat proyek solar panel pada salah satu pabrik semen mereka yang berlokasi di Tuban Jawa Timur.

Direktur Utama Solusi Bangun Indonesia Lilik Unggul Raharjo mengungkapkan, para perusahaan BUMN terus mengekslporasi berbagai peluang-peluang inisiatif dekarbonisasi, termasuk dilakukan juga oleh SMCB sebagai anak usaha PT Semen Indonesia Tbk (SMGR).

Dia menuturkan, letak geografis Indonesia yang berada di sepanjang garis khatulistiwa dengan iradiasi energi matahari rata-rata 4,80 kWh/m2/hari, merupakan potensi yang sangat besar untuk pemanfaatan energi alternatif tenaga matahari. Pabrik Tuban sendiri berada pada posisi geografis dengan iradiasi energi matahari di atas rata-rata nasional 5,4 kWh/m2/hari.

"Peluang ini meyakinkan SMCB untuk memulai pengembangan fasilitas pabrik sistem on grid dengan kapasitas terpasang hingga 7 Mwp berdasarkan hasil studi kelayakan yang telah dilaksanakan," kata Lilik, dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Selasa (31/1).

Baca Juga: Semen Indonesia Group Dapat Kredit Sindikasi dari 12 Bank untuk Program ESG

Selain pemanfaatan bahan bakar alternatif untuk substitusi batubara pada proses produksi semen, lanjut Lilik, energi tenaga surya juga merupakan wujud konkret komitmen perseroan terhadap pembangunan berkelanjutan.

Direktur Utama SMCB Lilik Unggul Raharjo

"Selagi mencapai operasional yang lebih efisien, proyek ini berkontribusi pada dekarbonisasi yang telah dicanangkan SMCB untuk mendukung program pemerintah dan bagian dari upaya kolektif global untuk menyelamatkan bumi yang kita tinggali," ujarnya.

SMCB menandatangani kontrak proyek solar panel dengan PT Energi Mitra Indika Tenaga Surya (EMITS) di Narogong, 31 Januari 2023, untuk pemanfaatan energi tenaga surya sebagai substitusi energi listrik pada operasional pabrik, kantor, dan fasilitas pendukung lainnya.

Proyek ini akan menjadi proyek percontohan solar panel rooftop dalam skala lebih besar yang diterapkan oleh anak usaha dalam lingkup grup BUMN semen, SMGR.

Baca Juga: Volume Penjualan Semen Nasional Diproyeksi Tumbuh Tipis Tahun Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×