kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45936,49   -8,95   -0.95%
  • EMAS1.027.000 -0,19%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Smesco-Sevel latih UMKM tembus ritel modern


Kamis, 01 Oktober 2015 / 15:29 WIB
Smesco-Sevel latih UMKM tembus ritel modern


Sumber: Antara | Editor: Havid Vebri

JAKARTA. PT Modern Sevel Indonesia, pemilik jaringan ritel 7-Eleven (Sevel) bekerja sama dengan Smesco Indonesia menggelar pelatihan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) bidang pangan agar bisa menembus pasar ritel modern.

"Kenapa UMKM pangan? Hal ini mengingat bisnis kami sebagai penyedia makanan dan minuman siap saji sehingga para supplier pangan tentunya akan menjadi mitra kami," kata Corporate Communication 7-Eleven Neneng Sri Mulyati, Kamis (1/10).

Pelatihan ini diprioritaskan bagi UMKM di wilayah Jabodetabek, tempat outlet-outlet Sevel berada. Selain pembinaan dan pelatihan, pihaknya pun menyediakan akses pasar untuk produk-produk mereka.

"Saat ini ada 10 outlet yang kami jadikan sebagai outlet kemitraan dengan Smesco yang menjual produk-produk UKM," katanya.

Peritel tersebut juga menyediakan space khusus dengan nama UKM Corner untuk produk mereka.

"Jumlah outlet untuk penjualan produk UKM ini juga tentunya akan kami review untuk ditambah atau dikurangi bergantung pada kesiapan UKM," katanya.

Kerja sama dengan Smesco telah dilakukan sejak beberapa waktu lalu, bahkan lembaga di bawah koordinasi Kementerian Koperasi dan UKM itu sudah menjadi mitra dalam hal pembinaan dan pelatihan UKM.

Smesco sebagai lembaga layanan pemasaran KUKM telah menjadi jembatan penghubung antara swasta dan UKM. Seluruh UKM yang dilatih Sevel merupakan UKM binaan Smesco.

Ia menegaskan, bahwa UMKM adalah mitranya yang akan memproduksi dan menyediakan produk yang dibutuhkan oleh konsumen 7-eleven. "Mereka adalah calon calon supplier kami di masa depan," katanya.

Jika saat ini mereka masih berada di level UMKM, setelah dibina diharapkan bisa meningkatkan kapasitas produksi sehingga dapat menaikkan level usaha mereka.

Pelatihan itu mencakup pengetahuan kontrol produksi yang sesuai dengan standar, kesehatan, dan keselamatan pangan, termasuk membantu marketing dan promosi.

Ke depan peritel itu bertekad mendukung program pemerintah untuk memajukan UMKM di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×