kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Solusi Iron Mountain bidik bisnis pengelolaan data


Jumat, 30 Maret 2018 / 19:12 WIB
ILUSTRASI.


Reporter: Havid Vebri | Editor: Havid Vebri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Informasi dapat berbentuk apa saja. Dalam bentuk fisiknya, informasi dapat dituangkan dalam bentuk dokumen, foto, data diri, akte, benda seni bernilai tinggi, atau tulisan bersejarah.

Sedangkan pada era digitalisasi informasi seperti sekarang ini, informasi pun dapat berbentuk data digital. Jasa pengelolaan dan penyimpanan informasi bukanlah hal baru di Indonesia.

Terdapat kebutuhan berskala nasional untuk menyimpan dan mengelola informasi secara aman dan cermat bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. 

Namun, karena membutuhkan modal besar untuk mendirikan pusat data atau penyimpanan informasi, maka perusahaan-perusahaan tersebut memanfaatkan jasa layanan pengelolaan dan penyimpanan data dan informasi.

Lewat layanan ini, perusahaan dapat mengelola data konvensional dan digital secara terpadu, aman, dan berkelanjutan, sehingga perusahaan dapat memusatkan perhatian ke hal lain.

Beragam manfaat tersebut dirasakan oleh banyak industri, mulai dari perbankan, rumah sakit, hingga industri hiburan. Tak terkecuali industri logistik.

Peluang itu juga yang ditangkap perusahaan penyedia jasa layanan pengelolaan data dan informasi fisik dan digital. Salah satunya adalah Iron Mountain, perusahaan penyedia jasa layanan pengelolaan data dan informasi fisik dan digital yang berkantor pusat di Boston, Amerika Serikat (AS).

William Meaney, President & CEO Iron Mountain mengatakan, Indonesia sebagai salah satu pusat perekonomian di kawasan Asia Tenggara dengan peta geografis yang terdiri dar ribuan kepulauan merupakan pasar tepat bagi jasa yang ditawarkan oleh Iron Mountain.

"Kami melihat Indonesia merupakan pasar tepat bagi perusahaan jasa logistik seperti Iron Mountain, dengan menjujung fokus kepada diversifikasi jasa pengelolaan data sehingga akan menjadikan Iron Mountain sebagai pemimpin terkemuka berskala nasional dalam industri pengelolaan data dan informasi di Indonesia," kata William, Rabu (28/3).  

Ernest W. Cloutier, Executive Vice President & General Manager, International Market menambahkan, "Visi dan misi kami adalah untuk menjadi rekan terpercaya para perusahaan dalam menyimpan dan mengelola informasi dan asset perusahaan dengan cermat, efisien, efektif, serta aman".

Pada dasarnya, informasi merupakan sebuah data berbentuk apa pun yang dapat menambah pengetahuan penerima. Siklus hidup informasi terdiri dari empat tahapan, yaitu: creation, active, archive dan disposal.

Informasi dapat berbentuk apa saja. Dalam bentuk fisiknya, informasi dapat dituangkan dalam bentuk dokumen, foto, data diri, akte, benda seni bernilai tingg (lukisan, pahatan, dan sebagainya),surat berharga, atau tulisan bersejarah. Sedangkan pada era digitalisasi informasi seperti sekarang ini, informasi pun dapat berbentuk data digital (paperless).

Wee Tee Hsien, General Manager, Iron Mountain Indonesia mengatakan, "Skema jasa layanan dari Iron Mountain memberikan beberapa manfaat fundamental, seperti menghemat biaya pengeluaran, menurunkan risiko melalui program dengan terapan mantap dalam pengelolaan penemuan. 

Lalu, memberikan nilai lebih dimana Iron Mountain membantu mendukung dan menjaga siklus hidup informasi dan aset.

"Kami yakin dan percaya bahwa ini merupakan saat yang tepat bagi Iron Mountain untuk masuk ke negara Indonesia dan menawarkan jasa layanan dengan reputasi global. 95% dari Fortune 1000 Companies merupakan klien global kami. Dengan rekam jejak terkemuka, maka jasa kami siap dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh korporasi di Indonesia," tutup Roy P. Hamonangan, Head of Operations, Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×