Reporter: Dian Sari Pertiwi | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
JAKARTA. KUDO, usaha rintisan assisted e-commerce mendapat pendanaan 8 digit dari Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTEK) Group. Manajemen EMTEK menyebut dana tersebut untuk berekspansi ke berbagai wilayah pedesaan dan perkotaan Indonesia dan membangun jaringan agen KUDO.
"Dana ini untuk membangun jaringan agen dari daerah pinggiran kota sampai pedesaan," kata Albert Lucius, CEO KUDO dalam keterangan tertulisnya (14/9).
Dia juga menambahkan, KUDO punya posisi strategis untuk masyarakat daerah yang belum bisa mengakses e-commerce secara langsung. Lewat aplikasi ini masyarakat itu bisa terlayani dan membeli produk dari situs dagang online yang menjadi mitra KUDO.
KUDO mengklaim telah melayani akses terhadap lebih dari 1 juta orang yang sebelumnya tidak bisa berbelanja secara online. Saat ini, KUDO telah memiliki agen sebanyak 150 ribu. Pada tahun 2018, KUDO memasang target bisa merekrut 1 juta agen di seluruh Indonesia.
Para agen ini bisa memiliki toko digital lewat aplikasi KUDO. Mereka bisa menjual produk e-commerce seperti handphone, pulsa isi ulang, pulsa listrik, tiket dan produk lainnya. Dari penjualan tersebut, para agen bisa mendapat komisi dari KUDO. Besarannya tergantung jenis produk yang mereka jual. Ada yang berkisar dari Rp 5 ribu - Rp 20 ribu atau 5%-20% dari harga produk.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News