kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Strategi Astra Otoparts (AUTO), perkuat bisnis perdagangan hingga produksi APD


Selasa, 25 Agustus 2020 / 15:44 WIB
Strategi Astra Otoparts (AUTO), perkuat bisnis perdagangan hingga produksi APD
ILUSTRASI. PT Astra Otoparts Tbk AUTO./pho KONTAN/carolus Agus Waluyo/15/08/2016.


Reporter: Arfyana Citra Rahayu | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) berjibaku untuk terus bertahan di masa pandemi Corona. Banyak strategi yang telah disiapkan mulai dari memperkuat bisnis perdagangan (trading) hingga produksi Alat Pelindung Diri (APD) untuk kebutuhan pencegahan Corona. 

Presiden Direktur AUTO, Hamdhani Dzulkarnaen Salim menjelaskan perusahaan memiliki sejumlah strategi salah satunya adalah meningkatkan bisnis perdagangan (trading) karena punya margin yang lebih baik. 

Adapun pada bisnis perdagangan sangat berhubungan dengan unit operasional kendaraan dua roda maupun empat roda sehingga tidak kena dampak langsung dari penurunan pasar pabrikan otomotif (OEM). "Jadi memang selama ini terus kami leverage (bisnis di segmen perdagangan)," jelasnya dalam paparan publik, Selasa (25/8). 

Baca Juga: Bisnis Berat, PT Astra Otoparts Tbk (AUTO) Memacu Peluang Bisnis di Saluran Digital

Asal tahu saja, pada semester I 2020 segmen bisnis perdagangan AUTO berkontribusi sampai 55% ke pendapatan dari yang sebelumnya 48% di semester I 2019. Namun karena pandemi Corona, pada paruh pertama tahun ini segmen perdagangan membukukan pendapatan senilai Rp 3,12 triliun atau turun sekitar 13% yoy.

Di sisi lain, pada segmen manufaktur, AUTO memproduksi komponen dan rangkaiannya (assemblies) ke OEM maupun pasar suku cadang pengganti (REM/ Replacement Market), baik untuk kendaraan roda dua, roda empat, maupun kendaraan komersial. Soal strategi bisnis, Hamdhani menyatakan AUTO juga sudah melakukan ekspor OEM ke kawasan regional yakni di kawasan Asean dan ke negara lainnya. 



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×