kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Sucofindo kebanjiran jasa pengujian produk handsanitizer dan disinfektan


Senin, 11 Mei 2020 / 16:09 WIB
Sucofindo kebanjiran jasa pengujian produk handsanitizer dan disinfektan
ILUSTRASI. PT SUCOFINDO (Persero) layani permintaan uji disinfektan yang meningkat akibat COVID-19.


Reporter: Azis Husaini | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. PT Sucofindo (Persero) mencatat ada peningkatan uji disinfektan akibat corona atau Covid-19. Pengujian itu menjadi prioritas perusahaan untuk memastikan handsanitizer dan cairan disinfektan aman melalui pemeriksaan Laboratorium sentral PT Sucofindo (Persero) di Cibitung.

Bachder Djohan Buddin, Direktur Utaa PT Sucofindo (Persero) mengatakan pihaknya berkomitmen sebagai BUMN Jasa Pengujian, untuk membantu pencegahan Covid-19, dan mempertimbangkan permintaan jasa pengujian terhadap bahan disinfektasi yang meningkat, serta membantu upaya perlindungan konsumen dengan pemastian barang bermutu, maka Sucofindo memprioritaskan pengujian bahan disinfektasi tersebut.

Baca Juga: Sucofindo beri bantuan APD dan vitamin ke Pemerintah Daerah Jambi

Kepala Strategic Bussiness Unit Laboratorium PT Sucofindo (Persero), Anwar Tahir menambahkan, bahwa Laboratorium Sucofindo bisa memberikan pelayanan pengujian atau analisis untuk produk-produk tersebut guna memastikan keamanan produk yang nantinya digunakan dan beredar di masyarakat.

Pengujian handsanitizer dan cairan disinfektan saat ini menurut Anwar masih terpusat di Laboratorium Sentral yang berlokasi di Jl. Arteri Tol Cibitung no.1, Cibitung, Bekasi. “Jika ada permintaan di luar daerah kami juga bisa melayani order tersebut melalui perwakilan Laboratorium SUCOFINDO yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Anwar dana keterangan tertulis, Senin (11/5).

Dalam pengujian cairan disinfektan, Laboratorium Sucofindo mengikuti SNI-06-1842-1995 yaitu kandungan Baku Mutu koefisien Phenol nya adalah 2,5 – 5,0 dan sesuai dengan Peraturan Kepala POM no. 14 tahun 2016 bahwa untuk disinfektan alkohol kandungan Metanol dalam campuran alkohol harus lebih kecil dari 0,01 % dan proses pengujiannya selama 4 hari kerja.

Ada pun jenis disinfektan yang sesuai untuk mencegah Covid-19 dan paling baik digunakan untuk medis adalah disinfektan dengan konsentrasi alkohol campuran yaitu campuran etanol dan Isoproyl Alkohol.  Hal itu dikarenakan jenis disinfketan tersebut tidak bersifat korosif pada logam, cepat menguap, minimnya sifat merusak untuk bahan karet atau plastik.

Anwar menyampaikan bahwa tingkat efektivitas cairan disinfektan dipengaruhi oleh beberapa faktor. “Efektivitas cairan disinfektan dipengaruhi dari beberapa faktor yaitu lama paparan, suhu, konsentrasi disinfektan, pH dan tidak adanya bahan pengganggu disinfektan contohnya adalah senyawa organik.” katanya.

Baca Juga: Sucofindo meraih penghargaan Annual Report Award 2019

PT Sucofindo (Persero) sebagai perusahaan Inspeksi, Pengujian dan Sertifikasi dalam komitmen mencegah penyebaran Covid-19 juga dapat memberikan pemastian pelayanan medis dengan pengujian sterilitas dan kalibrasi untuk peralatan kesehatan (ALKES). Selain itu, juga pemastian terhadap Hygiene Industri dan pengelolaan Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja (SMK3) melalui pelatihan dan sertifikasi.

Tak hanya itu, PT Sucofindo (Persero) juga menyediakan layanan penyemprotan disinfektan. Layanan ini meliputi Indoor Cold Fogging yaitu penyemprotan disinfektan di dalam ruangan (kantor, gudang, ruang produksi) dengan menggunakan mesin ULV Cold Fogger dan Outdoor Mist Blowing yaitu penyemprotan area sebelah luar di sekeliling bangunan kantor atau pabrik yang berjarak 1 (satu) sampai 2 (dua) meter dari dinding bangunan dengan menggunakan mesin Mist Blower.

PT Sucofindo (Persero) saat ini tetap beroperasi melayani pelanggan, meski di beberapa Unit Kerja Pelayanan telah menerapkan bekerja dari rumah, namun dengan menggunakan teknologi informasi, hal tersebut tidak mengganggu pelayanan pelanggan.

Baca Juga: Sucofindo meresmikan laboratorium untuk uji halal, alkes, telko, dan elektronik

Untuk kegiatan operasional di lapangan, Sucofindo mengutamakan Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi pegawainya.  Dengan menyediakan APD dan menerapkan protokol pencegahan COVID-19 di area kerja maupun area publik, serta menerapkan physical distancing.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×