kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,53%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Supra Boga kian ekspansif meski ekonomi melambat


Sabtu, 01 Oktober 2016 / 19:15 WIB
Supra Boga kian ekspansif meski ekonomi melambat


Reporter: Dede Suprayitno | Editor: Adi Wikanto

Jakarta. Perusahaan penyedia produk segar PT Supra Boga Lestari Tbk yang terkenal dengan brand Ranch Market dan Farmers Market akan menambah dua gerai hingga akhir tahun ini. Target tersebut menambah 13 gerai yang  kini telah mereka operasikan.

Meshvara Kanjaya, Direktur Utama PT Supra Boga Lestari Tbk bilang, lokasi yang menjadi incaran Supra Boga adalah lokasi yang memiliki segmen pasar menengah ke atas. ”Kami cari lokasi dimana komunitas itu berkumpul dan bisa tumbuh,” kata Meshvara di Jakarta, Rabu (30/9).

Asal tahu saja, Supra Boga baru saja menandatangani kesepakatan pembukaan gerai baru di Chadstone Cikarang, Rabu (28/9). Di Chadstone, Supra Boga membuka gerai brand Farmers Market. Gerai baru ini memiliki luas 2.500 meter persegi (m²) yang terintegrasi dengan hunian mix use seperti hotel, mal dan apartemen.

"Di Chadstone nanti akan banyak ekspatriat, dari Jepang dan juga Korea Selatan," imbuh Meshvara. 

Asal tahu saja, emiten berkode saham RANC tersebut semula hanya ingin menambah satu gerai lagi hingga akhir tahun. Namun, karena ada peluang, manajemen Supra Boga memutuskan untuk menambah dua gerai lagi. 

Salah satunya akan dibuka di Citra Raya, Cikupa, Tangerang dengan luas 1300 m²."Untuk yang satu gerai lagi lokasinya masih kami rahasiakan. Kami dipercaya menggantikan pemain lain yang sebelumnya beroperasi," jelas Meshvara.

Meshvara menilai, Supra Boga masih punya peluang bisnis segar tahun ini. Selama ini, tantangan bisnis RANC memiliki ada pada penyediaan produk segar.

Untuk itu, perusahaan mengatur percepatan arus keluar masuk barang seefisien mungkin. "Rata-rata SSSG (same store sales growth) kami tumbuh di atas 5%," tandas Meshvara. 

Selain ekspansi gerai, Supra Boga berencana terjun ke bisnis e-commerce. Dalam catatan KONTAN, Supra Boga berbisnis e-commerce dengan menjalin kerjasama dengan PT Kresna Graha Investama Tbk (KREN).

Keduanya membentuk perusahaan patungan bernama PT Supra Kreatif Mandiri dengan investasi Rp 20 miliar. Di perusahaan patungan tersebut, Supra Boga mengempit kepemilikan saham 60%, sisanya oleh Kresna Graha.

"Ini (e-commerce) menjadi layanan tambahan untuk konsumen kami," jelas Meshvara. 

Untuk bisnis e-commerce ini, RANC akan menggandeng pihak ke-3 untuk melayani delivery order. Namun, Meshvara belum bisa menjelaskan lebih detail, sebab saat ini pihaknya masih melakukan persiapan peluncuran kesupermarket.com

"Kami trial di satu toko dulu. Pada 22 Oktober akan kami launching," tambah Meshvara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×