kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Supra Boga Lestari Bidik Pendapatan Bersih Tumbuh 21,2% di 2022, Ini Strateginya


Selasa, 31 Mei 2022 / 14:50 WIB
Supra Boga Lestari Bidik Pendapatan Bersih Tumbuh 21,2% di 2022, Ini Strateginya
ILUSTRASI. Supra Boga Lestari


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Emiten ritel PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC) bidik kenaikan pendapatan bersih 21,2% di tahun 2022. Sementara laba bersih juga di proyeksikan naik 261,8%. 

Sejumlah strategi dan rencana bisnis perseroan juga telah disiapkan. Diantaranya RANC berniat membuka tiga hingga empat gerai baru sepanjang 2022. Untuk memuluskan rencana itu, mereka mengalokasikan dana belanja modal sebesar Rp 42 miliar di tahun ini. Di mana dana itu berasal dari dana kas internal serta dari bank. 

Direktur PT Supra Boga Lestari Tbk, Hady Purnama menjelaskan hingga saat ini penggunaan dana capex tersebut baru di gunakan sekitar 25%-30% dari alokasi di 2022. 

“Penggunaan yang sudah terserap 25% - 30% dari capex tahunan Rp 42 miliar di 2022. Alokasi untuk pembangunan gerai baru serta menambah equipment sarana dan logistik di perusahaan,” jelasnya dalam paparan Public Expose secara virtual, Selasa (31/5). 

Baca Juga: Supra Boga Lestari (RANC) Berencana Buka 5 Gerai Baru Sepanjang Tahun 2022

Hady mengatakan pembukaan baru tersebut dijadwalkan akan dibuka pada semester ke II tahun 2022, salah satunya di Sarinah Thamrin.

Sebagai informasi, RANC memiliki 4 merek supermarket yang memiliki keunggulan dan segmennya masing-masing. Supermarket milik RANC adalah Ranch Market, Farmers Market, Gourmet by Ranch Market dan Day2Day by Farmers Market.

Direktur Utama RANC, Meshvara Kanjaya mengungkapkan, target pembukaan gerai tahun ini diantaranya adalah tiga gerai di Jakarta dan satu gerai lagi di Pulau Sulawesi. Rencananya, penambahan gerai itu akan di lakukan pada Kuartal II hingga Kuartal IV-2022. “Untuk kotanya kami belum bisa info saat ini,” jelas dia. 

Adapun tercatat, hingga Desember 2021, RANC telah memiliki sebanyak 70 gerai yang beroperasi di 16 kota di Indonesia. Rinciannya, Jabodetabek 53 gerai, Sumatera 3 gerai, Jawa Tengah 1 gerai, Jawa Timur 8 gerai, Ambon 1 gerai, dan Kalimantan 4 gerai. 

“Kami melihat peta pertumbuhan penjualan mulai berkembang tak hanya di Jabodetabek jadi distribusi dan ekspansi tentu akan kita lebarkan di luar Jabodetabek,” katanya. 

Sementara strategi bisnis tahun ini, Meshvara mengatakan RANC akan menjadikan Fresh Market sebagai top of mind atau yang paling diingat masyarakat untuk berbelanja. 

 

Kemudian, RANC juga akan memperkuat kolaborasi dengan Blibli. Seperti diketahui, per Oktober 2021, RANC telah resmi menjadi bagian dari PT Global Digital Niaga (GDN) yang mengusung merek platform belanja online Blibli.com. Tak hanya itu, perseroan juga gencar untuk memperkuat penjualan melalui kanal online lewat kerja samanya bersama HappyFresh dan GrabMart. 

“Kami optimis penjualan dari offline maupun online akan tumbuh berdampingan. Setidaknya tahun ini penjualan online akan tumbuh double digit,” harapnya. 

Tak hanya itu, RANC juga memperkuat supply chain untuk produk fresh dan mon-fresh. Di mana saat ini perseroan telah memiliki distribution center yang berlokasi di Bekasi, Jakarta Timur dengan luas 1,3 hektare.  Sebanyak 10.452 posisi palet untuk DC Dry dan 2.529 posisi palet untuk DC Fresh. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×